Abstract
Perkembangan teknologi dan komuikasi saat ini, telah memberikan kemajuan dan dampak signifikan terhadap kehidupan manusia. Saat ini, banyak UMKM mengubah cara mereka menjual atau memasarkan barang mereka dengan menggunakan platform media sosial. Tujuan dari karya ilmiah ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan media sosial sebagai digital marketing pada UMKM Susu Kambing Etawa “Farhana Jaya Farm”. Metode penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kualitatif yang dilakukan dengan menggali data secara langsung ke tempat penelitian. Adapun hasil dari penelitian ini adalah UMKM susu kambing etawa “Farhana Jaya Farm” dalam memasarkan produk menggunakan cara yang masih sederhana yaitu dengan mengupload foto produk melalui story whatsapp, memasarkan produk melalui mulut ke mulut atau word to mouth. Salah satu platform media sosial yang digunakan oleh UMKM susu kambing etawa “Farhana Jaya Farm” adalah faceebook yang digunakan untuk bergabung sebagai komunitas “kambing etawa”.
References
Azizah, B. R. K., Isnaini, F. N., Mallarangi, S. P. R., Khotimah, S. E. K., & Danendra, S. K. (2022). Pemberdayaan potensi umkm susu kefir melalui program kampung eduwisata gundih. Karya; Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 63–70.
Candraningrat, Wibowobo J, S. R. (2020). PEMBUATAN DIGITAL MARKETING DAN MARKETING CHANNEL UNTUK UKM PJ COLLECTION. 05(01), 82–91.
Hofifah, S., & Yunita, R. (2022). Pengenalan Media Pemasaran Online Bersama Pemudi pada Usaha Anyaman di Desa Gundik, Slahung, Ponorogo. Amaluna: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 22–34. https://doi.org/10.21154/amaluna.v1i1.773
Ikerismawati, S., Sholiha, I., & Hardiyanti, S. (2023). Pendampingan Pemanfaatan Google Maps dan Whatsapp Bisnis Sebagai Media Digital Marketing Bagi UMKM di Kelurahan Sebani Kota Pasuruan. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(3), 1294–1302. https://doi.org/10.33379/icom.v3i3.3139
Murdiani, T., Asnusa, S., & Ramaputra, M. G. (2022). Pemanfataan Media Sosial Pilihan UMKM untuk Mendukung Upaya Digital Marketing. Prosiding Seminar Nasional Darmajaya, 1(0), 117–125.
Purwidiantoro, M. H., Kristanto, D. F., & Hadi, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Usaha Kecil Menengah (UKM). AMIK Cipta Darma Surakarta, 1(1), 30–39.
Ramadhani, R. A., Helilintar, R., Setiawan, A. B., Sanjaya, A., Muzaki, A., Informatika, T., & Author, C. (2022). Pelatihan Pemasaran Gula Jawa Di Desa Slumbung Kecamatan Ngadiluwih. 2(1).
Sentoso, A., Sonata, V., Hadi, N., & Dewi, S. (2023). Pengembangan Strategi Pemasaran Digital pada UMKM Bintan Snack Millennium. Ihsan : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2). https://doi.org/10.30596/ihsan.v5i2.15104
Supriyanto, A., Rosmalia, V., & ... (2021). Pemanfaatan Social Media Sebagai Pemasaran Bisnis Di Era Society 5.0. Janaka …, 02(02), 55–65.
Winarti, C. (2021). Pemanfaatan Sosial Media oleh UMKM Dalam Memasarkan Produk di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Bisnis Seri Ke-4, 1(1), 195–206.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License