Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh program pemberdayaan masyarakat yang merupakan suatu proses memandirikan masyarakat agar memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Dalam ranah lingkungan sosial, pemberdayaan masyarakat memegang peranan yang sangat penting dan menentukan. Pemberdayaan masyarakat sering kali dikaitkan dengan kemajuan dan peningkatan status sosial . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses program kerja pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan sampah, pendampingan belajar dan branding ulang pada Taman Semampir Riverside. Pemberdayaan masyarakat melalui program kerja tersebut berpotensi untuk meningkatkan produktivitas masyarakat setempat. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa upaya mahasiswa dalam hal pemberdayaan masyarakat Kelurahan Semampir melalui program-program tersebut dapat dikatakan berhasil dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.
References
D. Prasetyo, “Memahami Masyarakat Dan Perspektifnya,” vol. 1, no. 1, 2020, doi: 10.38035/JMPIS.
D. Setyawan, “Meningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Media Konkrit,” Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, vol. 4, no. 2, pp. 155–163, Jul. 2020, doi: 10.21067/jbpd.v4i2.4473.
H. Hardianto, “Determinasi Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemberantasan Kemiskinan Desa: Analisis Dana Desa Dan Alokasi Dana Desa (Literature Review Manajemen Keuangan),” vol. 3, no. 1, p. 2022, doi: 10.38035/jmpis.v3i1.
H. Kusuma Astuti, “Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Melalui Daur Ulang Sampah Plastik (Studi Kasus Bank Sampah Kelurahan Paju Ponorogo),” 2016.
L. J. Moelong, Metodologi Penelitian Kualitatif, 1st ed. bandung: pt remaja rosdakarya, 2017.
M. Sucahya and S. Surahman, “Difusi Inovasi Program Bank Sampah (Model Difusi Inovasi Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Bank Sampah Alam Lestari di Kota Serang Provinsi Banten),” 2017.
R. A. Syahputra, “Peningkatan Kemampuan Branding UMKM Melalui Proses Digitalisasi Bisnis,” 2023.
S. Mahfud, Y. D. Pristiani, and Suratman, “Pendidikan Wawasan Kebangsaan di Pondok Pesantren Lirboyo dalam Upaya Menangkal Radikalisme,” PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, vol. 7, no. 2, pp. 70–79, Aug. 2022, doi: 10.29407/pn.v7i2.18493.
S. Muntazah, “Pengelolaan Program Bank Sampah Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat Di Bank Sampah Bintang Mangrove Kelurahan Gunung Anyar Tambak Kecamatan Gunung Anyar Surabaya,” 2015. [Online]. Available: www.banksampahbinamandiri.com
V. Iswantiningtyas, W. Wulansari, R. I. Khan, Y. D. Pristiani, N. Nursalim, and Y. T. Sofwina, “Pengembangan Kotak Dolananku Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Gotong Royong Dan Kreatif Pada Anak,” Efektor, vol. 10, no. 1, pp. 148–156, Jun. 2023, doi: 10.29407/e.v10i1.19594.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License