Upaya Digitalisasi Paguyuban Seni Karawitan “Sekar Arum” Menggunakan Sosial Media Instagram Sebagai Sarana Promosi Kepada Kalangan Remaja Milenial
PDF

Keywords

Pangguyuban Karawitan
Digitalisasi
Instagram

How to Cite

Upaya Digitalisasi Paguyuban Seni Karawitan “Sekar Arum” Menggunakan Sosial Media Instagram Sebagai Sarana Promosi Kepada Kalangan Remaja Milenial. (2024). Proceedings of The National Conference on Community Engagement, 1(1), 281-286. https://doi.org/10.29407/1ryhqc77

Abstract

Generasi muda lebih mudah memahami budaya lain dibandingkan budayanya di era kemajuan teknologi saat ini, apalagi peradaban lama seperti seni karawitan. Hal ini tentu sangat memprihatinkan, oleh karena itu upaya untuk melestarikan kesenian tradisional Indonesia sangat diperlukan. serupa dengan yang dilakukan oleh Pangguyuban Karawitan Sekar Arum. Penelitian ini bertujuan untuk melihat upaya digitalitas pangguyuban Sekar Arum Menggunakan Sosial Media Instagram sebagai sarana promosi kepada kalangan remaja milenial. Penelitian deskriptif kualitatif adalah metodologi yang digunakan. Meskipun Pangguyuban Karawitan Sekar Arum sudah ada sejak lama, namun pembentukan aslinya sudah ada sejak zaman dahulu kala. Baru akan disahkan secara formal pada tahun 2021, sehingga secara hukum baru berumur tiga tahun. Dalam kurun waktu singkat itu, mereka telah menampilkan berbagai penampilan dan berkompetisi di kejuaraan. Semua yang ada di sini merupakan hasil inisiatif digitalisasi yang dimanfaatkan sebagai sarana pengenalan komunitas Sekar Arum melalui platform media sosial Instagram.

PDF

References

A. Sukoco, “Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Wisata Kebun Buah Mangunan,” Fak. Ilmu Komun. dan Hum. univeristas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017.

A. Sholihah, “Penggunaan Instagram Sebagai Alat Promosi (Studi Deskriptif Pada Produk The Thailand Pikameame di Yogyakarta),” Fak. Ilmu Komun. dan Hum. Univ. Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018.

B. D. Atmoko, Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita, 2015.

Budi Wahyuni, “Peran Paguyuban Karawitan ‘Kirana Budaya’ Kwarasan Nogotirto Gamping Sleman Dalam Pelestarian Seni Karawitan,” Inst. Seni Indones. Yogyakarta, 2016.

E. Sedyawati, Keindahan dalam Budaya Buku 1 Kebutuhan Membangun Bangsa Yang Kuat. Jakarta: Wedatama Widya Sastra, 2017.

F. Harisa, “Pemanfaatan Media Sosial Instagram Akun @MR.CREMPUFF Sebagai Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan,” JOM FISIP, vol. 4, no. 2, 2017.

F. Mutiara, “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi Dalam Pengembangan Desa wisata (Studi Kasus Desa Wisata Pujon Kidul, Kecamatan Pujol Kabupaten Malang),” Univ. Brawijaya, 2018.

G. Gumilar, “Pemanfaatan Instagram sebagai sarana promosi oleh komunitas pengelola industry kreatif fashion kota bandung,” J. Ilmu Polit. dan Komun., vol. 5, no. 2, 2015.

L. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

Naomi Diah Budi Setyaningrum, “BUDAYA LOKAL DI ERA GLOBAL,”Espresi Seni, vol. 20, no. 4, 2018.

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

  1. Copyright on any article is retained by the author(s).
  2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
  3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
  4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
  5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License