Upaya Peningkatan Strategi Pemasaran Digital Marketing Pada Penjualan Kain Tenun Ikat di Desa Bandar Kidul Melalui Media Sosial Instagram dan Tiktok
PDF

Keywords

strategi pemasaran digital
Kain tenun

How to Cite

Nurfadila, M. ., Cahyani, F. P. ., Rahayu, A. D. ., Azizah, T. N. ., Rachmalia, R. W. ., Mahmudi, H. ., Yunitasari, M. ., Damawati, W. ., Mustikasari, L. D. ., Rokhim, M. D. A. ., Amin, M. J. ., Chahyono, D. A., Lutfiana, O. D. ., Tyas, H. D. W. ., Salsabilla, A. T. ., Firdaus, M. F. ., Nahdiyah, Y. ., Sumiranto, R. A. ., Haryanto, R. A. ., Argo D.W, R. ., Wahyu U, M. F. ., Bayu A, T. ., Pratama, F. R. ., & Hamidah, D. A. . (2024). Upaya Peningkatan Strategi Pemasaran Digital Marketing Pada Penjualan Kain Tenun Ikat di Desa Bandar Kidul Melalui Media Sosial Instagram dan Tiktok. Proceedings of The National Conference on Community Engagement, 1(1), 106–113. https://doi.org/10.29407/ncce.v1i1.4897

Abstract

Untuk memastikan strategi diterapkan seefektif mungkin, pelaku usaha harus mengidentifikasi dan menganalisis hambatan pemasaran digital untuk menilai bagaimana metode tersebut mempengaruhi penjualan produk kain tenun ikat. Teknik kualitatif digunakan bersama dengan metodologi penelitian deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan peneliti melalui wawancara. Temuan diskusi menunjukkan bahwa produk kain tenun ikat Desa Bandar Kidul terjual lebih baik ketika pemasaran digital dicoba digunakan melalui media social Instagram dan TikTok. Teknik pemasaran digital dapat memperluas jangkauan merek ke pasar internasional dan menarik pelanggan. Taktik ini meliputi media sosial, toko online, dan pembuatan konten asli. Namun ada sejumlah tantangan yang harus dihadapi pelaku usaha kain tenun ikat Desa Bandar Kidul, seperti kekurangan sumber daya manusia dan kurangnya keahlian dalam mengelola platform digital.

https://doi.org/10.29407/ncce.v1i1.4897
PDF

References

David, A., & Biel, A. L. (1993). Brand Equity And Advertising. Advertising Role In Building Strong Brands. Lawrence Associates Inc., New Jersey.

Gunawan, C., & Septianie, I. (2021). The Effect of Trust and Risk Perceptions Using E-Commerce on Consumer Purchase Intentions. Journal of Economics and Business (JECOMBI), 1(3), 239–247.

Hertinsyana, D. (2024). PENGARUH BRAND AMBASSADOR, AWARENESS DAN IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE DI WILAYAH JABODETABEK. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 3(1), 32–43.

Karta, N. L. P. A., Widiastini, N. M. A., Sutapa, I. K., & Wiles, E. (2021). The role of branding strategy in strengthening the image of the village tourism in Bali. Jurnal Kajian Bali, 11(2), 369–386.

Kuantitatif, P. P. (2016). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Mustika, M. (2019). Penerapan teknologi digital marketing untuk meningkatkan strategi pemasaran snack tiwul. Journal Scientific and Applied Informatics, 2(2), 165–171.

Nusantara, C. A. (2021). Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Melalui Aplikasi Tiktok Tugas EAS Technonopreneurship Digital Content (A). Diunduh dari http://repository. untag-sby. ac. id/7423.

Oktaria, E. T., & Hermansyah, H. (2023). Pengaruh Sistem Pembayaran Digital terhadap Efektivitas dan Efisiensi Penjualan di PT Sumber Alfariya Trijaya Tbk. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 4(4), 313–325.

Prasetiyo, B., & Azura, A. N. (2023). Pengaruh Terpaan Ads Instagram dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Nitro Ventura. Jurnal Akuntansi, Keuangan, dan Manajemen, 4(4), 327–336.

RACHMAWATI, F. (t.t.). PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU PRODUK USAHA KECIL DAN.

Rahadi, D. R. (2017). Sosial media marketing dalam mewujudkan E-marketing. KNTIA, 4.

Wibowo, R. A. P., & Sitorus, O. F. (2022a). Penerapan Digital Marketing Dalam Mempertahankan UMKM Di Masa Pandemi Covid-19. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(4), 2283–2291.

Wibowo, R. A. P., & Sitorus, O. F. (2022b). Penerapan Digital Marketing Dalam Mempertahankan UMKM Di Masa Pandemi Covid-19. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(4), 2283–2291.

Zhu, G., & Gao, X. (2019). Precision retail marketing strategy based on digital marketing model. Science Journal of Business and Management, 7(1), 33–37.