Abstract
Untuk memastikan strategi diterapkan seefektif mungkin, pelaku usaha harus mengidentifikasi dan menganalisis hambatan pemasaran digital untuk menilai bagaimana metode tersebut mempengaruhi penjualan produk kain tenun ikat. Teknik kualitatif digunakan bersama dengan metodologi penelitian deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan peneliti melalui wawancara. Temuan diskusi menunjukkan bahwa produk kain tenun ikat Desa Bandar Kidul terjual lebih baik ketika pemasaran digital dicoba digunakan melalui media social Instagram dan TikTok. Teknik pemasaran digital dapat memperluas jangkauan merek ke pasar internasional dan menarik pelanggan. Taktik ini meliputi media sosial, toko online, dan pembuatan konten asli. Namun ada sejumlah tantangan yang harus dihadapi pelaku usaha kain tenun ikat Desa Bandar Kidul, seperti kekurangan sumber daya manusia dan kurangnya keahlian dalam mengelola platform digital.
References
David, A., & Biel, A. L. (1993). Brand Equity And Advertising. Advertising Role In Building Strong Brands. Lawrence Associates Inc., New Jersey.
Gunawan, C., & Septianie, I. (2021). The Effect of Trust and Risk Perceptions Using E-Commerce on Consumer Purchase Intentions. Journal of Economics and Business (JECOMBI), 1(3), 239–247.
Hertinsyana, D. (2024). PENGARUH BRAND AMBASSADOR, AWARENESS DAN IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE DI WILAYAH JABODETABEK. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 3(1), 32–43.
Karta, N. L. P. A., Widiastini, N. M. A., Sutapa, I. K., & Wiles, E. (2021). The role of branding strategy in strengthening the image of the village tourism in Bali. Jurnal Kajian Bali, 11(2), 369–386.
Kuantitatif, P. P. (2016). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Mustika, M. (2019). Penerapan teknologi digital marketing untuk meningkatkan strategi pemasaran snack tiwul. Journal Scientific and Applied Informatics, 2(2), 165–171.
Nusantara, C. A. (2021). Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Melalui Aplikasi Tiktok Tugas EAS Technonopreneurship Digital Content (A). Diunduh dari http://repository. untag-sby. ac. id/7423.
Oktaria, E. T., & Hermansyah, H. (2023). Pengaruh Sistem Pembayaran Digital terhadap Efektivitas dan Efisiensi Penjualan di PT Sumber Alfariya Trijaya Tbk. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 4(4), 313–325.
Prasetiyo, B., & Azura, A. N. (2023). Pengaruh Terpaan Ads Instagram dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Nitro Ventura. Jurnal Akuntansi, Keuangan, dan Manajemen, 4(4), 327–336.
RACHMAWATI, F. (t.t.). PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU PRODUK USAHA KECIL DAN.
Rahadi, D. R. (2017). Sosial media marketing dalam mewujudkan E-marketing. KNTIA, 4.
Wibowo, R. A. P., & Sitorus, O. F. (2022a). Penerapan Digital Marketing Dalam Mempertahankan UMKM Di Masa Pandemi Covid-19. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(4), 2283–2291.
Wibowo, R. A. P., & Sitorus, O. F. (2022b). Penerapan Digital Marketing Dalam Mempertahankan UMKM Di Masa Pandemi Covid-19. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(4), 2283–2291.
Zhu, G., & Gao, X. (2019). Precision retail marketing strategy based on digital marketing model. Science Journal of Business and Management, 7(1), 33–37.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License