Abstract
Salah satu strategi yang sangat penting dalam mempercepat pertumbuhan UMKM adalah melalui penerapan product branding dan digital marketing. Pada zaman sekarang ini sudah banyak bermunculan UMKM Aluminium dan Kaca, sehingga perlu adanya disebut inovasi produk terutama produk kaca. Inovasi produk yang dihasilkan masih bersifat monoton sesuai dengan kebutuhan rumah tangga seperti etalase, jendela rumah, dll. Sehingga, belum terdapat inovasi produk kaca yang sesuai dengan trend terkini karena belum adanya pemodelan. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan solusi mengenai inovasi yang bisa dibuat dari olahan kaca, dan juga membantu para UMKM pengrajin kaca dalam hal penjualan produk melalui online shop. Pengabdian dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengabdian ini dilakukan selama 1 bulan yaitu pada bulan Februari 2024 di Kelurahan Ngampel Kecamatan Mojoroto Kabupaten Kediri. Berdasarkan hasil data wawancara permasalahan yang sering dihadapi oleh pengrajin kaca yaitu modal dan pemasaran. Oleh karena itu untuk memecahkan masalah tersebut kami mengadakan program kerja workshop tentang product branding dan pemasaran digital marketing. Modal dan pemasaran adalah masalah sering dihadapi oleh UMKM pengrajin kaca. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan cara membuat inovasi produk baru dari olahan kaca, yang bertujuan untuk meningkatkan daya minat pembeli
References
Aliami, S., Hakimah, E. N., Ayu, D., & Fauji, S. (2018). Dampak Pengembangan Pemasaran Digital Pada Startup’s (Studi Kasus Pada Wirausaha Baru). EkoNiKa, 3(1), 73–87.
Fauji, D. A. S., Mukhlis, I., & Murwani, F. D. (2023). MSME Internationalization? A Phenomenological Perspective from Coffee SME Actors. International Journal of Social Science Research and Review, 6(5), 242–247.
Fauji, D. A. S., Pratikto, H., & Handayati, P. (2022). Exploratory Factor Analysis MSMEs Anti-Fragile. International Journal of Science, Technology & Management, 3(4), 1261–1267. https://doi.org/10.46729/ijstm.v3i4.535
Fauji, D. A. S., Utami, B., Nurjannah, D., Rahadjeng, E. R., Aisyah, E. N., Subhan, E. S., Rahman, F., Puspasari, I. D., Saptaria, L., Mahmud, M., Mukhlis, I., & Soetjipto, B. E. (2023). Optimalisasi Wisata Belanja pada Kampung UKM. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 150–159. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.204
Forijati, R., Sugiono, S., Anas, M., Muchson, M., Subagyo, S., & Winarsih, T. (2022). Pelatihan Digital Marketing Ibu Rumah Tangga Pelaku Usaha Mikro Di Kelurahan Pojok Kota Kediri. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 6(3), 573–580. https://doi.org/10.29407/ja.v6i3.17040
Rifianita, V., Falah, R. M., Pangestu, S., & Metasari, A. (2022). Pelatihan branding produk UMKM dan digital branding kerupuk Kulit “rambakku.” Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LP UMJ, 2(1), 1–4. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/14480
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License