Strategi UMKM di Kelurahan Ngampel melalui Product Branding dan Digital Marketing
PDF

Keywords

UMKM kaca
digital marketing
Product Branding

How to Cite

Fadilah N.K, Fitri Rosfitasari, Ratna Puspita Sari, Een Greynanda, Elok Duwi Agustina, Widiawati, & Suci Rahmawati. (2024). Strategi UMKM di Kelurahan Ngampel melalui Product Branding dan Digital Marketing. Proceedings of The National Conference on Community Engagement, 1(1), 401–406. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ncce/article/view/5707

Abstract

Salah satu strategi yang sangat penting dalam mempercepat pertumbuhan UMKM adalah melalui penerapan product branding dan digital marketing. Pada zaman sekarang ini sudah banyak bermunculan UMKM Aluminium dan Kaca, sehingga perlu adanya disebut inovasi produk terutama produk kaca. Inovasi produk yang dihasilkan masih bersifat monoton sesuai dengan kebutuhan rumah tangga seperti etalase, jendela rumah, dll. Sehingga, belum terdapat inovasi produk kaca yang sesuai dengan trend terkini karena belum adanya pemodelan. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan solusi mengenai inovasi yang bisa dibuat dari olahan kaca, dan juga membantu para UMKM pengrajin kaca dalam hal penjualan produk melalui online shop. Pengabdian dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengabdian ini dilakukan selama 1 bulan yaitu pada bulan Februari 2024 di Kelurahan Ngampel Kecamatan Mojoroto Kabupaten Kediri. Berdasarkan hasil data wawancara permasalahan yang sering dihadapi oleh pengrajin kaca yaitu modal dan pemasaran. Oleh karena itu untuk memecahkan masalah tersebut kami mengadakan program kerja workshop tentang product branding dan pemasaran digital marketing. Modal dan pemasaran adalah masalah sering dihadapi oleh UMKM pengrajin kaca. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan cara membuat inovasi produk baru dari olahan kaca, yang bertujuan untuk meningkatkan daya minat pembeli

PDF

References

Aliami, S., Hakimah, E. N., Ayu, D., & Fauji, S. (2018). Dampak Pengembangan Pemasaran Digital Pada Startup’s (Studi Kasus Pada Wirausaha Baru). EkoNiKa, 3(1), 73–87.

Fauji, D. A. S., Mukhlis, I., & Murwani, F. D. (2023). MSME Internationalization? A Phenomenological Perspective from Coffee SME Actors. International Journal of Social Science Research and Review, 6(5), 242–247.

Fauji, D. A. S., Pratikto, H., & Handayati, P. (2022). Exploratory Factor Analysis MSMEs Anti-Fragile. International Journal of Science, Technology & Management, 3(4), 1261–1267. https://doi.org/10.46729/ijstm.v3i4.535

Fauji, D. A. S., Utami, B., Nurjannah, D., Rahadjeng, E. R., Aisyah, E. N., Subhan, E. S., Rahman, F., Puspasari, I. D., Saptaria, L., Mahmud, M., Mukhlis, I., & Soetjipto, B. E. (2023). Optimalisasi Wisata Belanja pada Kampung UKM. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 150–159. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.204

Forijati, R., Sugiono, S., Anas, M., Muchson, M., Subagyo, S., & Winarsih, T. (2022). Pelatihan Digital Marketing Ibu Rumah Tangga Pelaku Usaha Mikro Di Kelurahan Pojok Kota Kediri. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 6(3), 573–580. https://doi.org/10.29407/ja.v6i3.17040

Rifianita, V., Falah, R. M., Pangestu, S., & Metasari, A. (2022). Pelatihan branding produk UMKM dan digital branding kerupuk Kulit “rambakku.” Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LP UMJ, 2(1), 1–4. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/14480