Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing Dalam Pembentukan Kelompok Dagang Di Kelurahan Blabak
PDF

Keywords

Sosialisasi
Pemasaran Digital
Kelompok Dagang

How to Cite

Yohana Octaviana, Adelia Wirawan, Wilda Karisma Putri, Aning Kurnia Wahyu Diana, Krisnia Yunani, Maharani Aprilia Larisa, Amelia Nurlaili, Aggyta Putri, Alifdyah Hermasrurin Gusnugraeni, Affandi Febrinsa Pratama, Nandito Pramudya Arsyad, Ade Akbar Mahreza Putra, Akbar Al Jannah R, Didi Hermawan, Bagas Dwi Yulia Putra, Bagus Fajar Bayu Pratama, Adi Riza, Meydi Nur Yuswanto, Alfan Nurohman, Yogi Rizky Candra Putra, Arta Yasa Sugiyanto, Aldi Pratama, & Poppy Rahmatika Primandiri. (2024). Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing Dalam Pembentukan Kelompok Dagang Di Kelurahan Blabak. Proceedings of The National Conference on Community Engagement, 1(1), 182–190. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ncce/article/view/5690

Abstract

Peningkatan signifikan dalam penggunaan teknologi digital, khususnya melalui strategi pemasaran digital, telah menjadi katalis utama dalam mengubah lanskap bisnis global. Dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat, terutama para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Blabak, diselenggarakan kegiatan pelatihan dan pendampingan digital  marketing  dalam pembentukan kelompok dagang. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan pendampingan kepada UMKM di Kelurahan Blabak untuk memanfaatkan pemasaran digital untuk meningkatkan daya saing mereka.  Strategi pemasaran online, seperti promosi melalui media sosial dan platform  jual beli online , tidak hanya meningkatkan penjualan produk tetapi juga memperluas visibilitas dan ketenaran produk. Meskipun terdapat hambatan seperti persaingan yang intens dan kurangnya pemahaman para pelaku UMKM tentang pemasaran digital, kegiatan sosialisasi, dan pembentukan kelompok dagang telah berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan mereka. Pengabdian ini dilaksanakan dengan metode observasi, sosialisasi, dan pendampingan digital marketing kepada pelaku UMKM.  Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman para pelaku UMKM di sekitar Kelurahan Blabak mengenai pemasaran digital. Mereka kini lebih mampu memanfaatkan platform digital sebagai sarana pemasaran yang lebih efektif dan efisien. Peserta mendapatkan wawasan terbaru tentang kemajuan digitalisasi.

PDF

References

A.Tasya F.Andi, R.Fitri. Sistem Digitalisasi Umkm : Meningkatkan Penjualan Nasi Goreng. Simposium Manajemen Dan Bisnis II - FEB UNP Kediri, 2 (2023), 1544–53.

Hartono dan Dwi Hartomo. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Umkm Di Surakarta, 14(1). (Online), tersedia: https://jurnal.uns.ac.id/jbm/article/view/2678/2164, diunduh 12 Maret 2024.

Krisnawati, Devi. "Peran perkembangan teknologi digital pada strategi pemasaran dan jalur distribusi UMKM di Indonesia." Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana 6.1 (2018): 69-74.

Kurniawan, Edi, Nofriadi Nofriadi, and Dewi Maharani. "Sosialisasi digital marketing dalam upaya peningkatan penjualan produk umkm." Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat 1.1 (2021): 31-36.

Nurul Hidayah. Analisis Strategi Digital Marketing Dalam Membantu Penjualan Living Space Dan Efo Store. Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, 2018.

Nalini, Siti Nuzul Laila. "Dampak Dampak covid-19 terhadap Usaha MIkro, Kecil dan Menengah." Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah) 4.1 (2021): 662-669.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1-17.

Sutinah, Suyanto, B. Suyanto, and R. A. Prasetyo. "Pemberdayaan Pelaku Umkm Merespon Pergeseran Karateristik Konsumen di Era Digital." Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services). https://doi. org/10.20473/jlm.v4i1 207 (2020).

Syukri, Adya Utami, and Andi Nonong Sunrawali, ‘Volume 19 Issue 1 ( 2022 ) Pages 170-182 KINERJA : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen ISSN : 1907-3011 ( Print ) 2528-1127 ( Online ) Digital Marketing Dalam Pengembangan Usaha Mikro , Kecil , Dan Menengah Digital Marketing in the Development of Micro , Small, and Medium Enterprises, 19.1 (2022), 170–82 https://doi.org/10.29264/jkin.v19i1.10207

Zakka, N. (2020). Pemberdayaan ekonomi kreatif dan UMKM di masa pandemi melalui digitalisasi. Pancasila bureaucracy, Journal of Regional Government, Development and Innovation, 2(1), 39-48.