Sosialisasi Optimalisasi Usaha melalui Digital Marketing dan Aplikasi Pembukuan Digital di Kelurahan Pesantren Kota Kediri
PDF

Keywords

Pemasaran Digital
Manajemen Keuangan
UMKM
Media Sosial
Pengabdian Masyarakat

How to Cite

Iskandana, N. C. D., Salsabila, N. A. ., Apriliana, S. ., Nisak, A., Ananta, A. A. ., Wijaya, M., Putri, M. M. ., Rahma, Z. A. ., Restyono, T., Fernandis, R., Anggreini, L. N. ., Alfiantama , I., Fanani, A. F., Nurkhasanah, S., Faturrahman, M. W. ., Khoiroh, B. K. ., Hamida, S. S. ., Exata, R. A. ., Ardyansyah, A., Prasetyo, M. A. ., Mustaqim, M., Setyawan, D., Zahro, S. F. ., & Santoso, R. (2024). Sosialisasi Optimalisasi Usaha melalui Digital Marketing dan Aplikasi Pembukuan Digital di Kelurahan Pesantren Kota Kediri. Proceedings of The National Conference on Community Engagement, 1(1), 73–79. https://doi.org/10.29407/ncce.v1i1.4896

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah mengubah cara perusahaan beroperasi, khususnya dalam pemasaran. Pemasaran digital menjadi kunci penting bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk mempromosikan produk melalui internet. Namun, banyak UMKM masih terbatas dalam menerapkan strategi pemasaran digital dan manajemen keuangan yang efektif. Artikel ini membahas kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Kelurahan Pesantren, Kota Kediri, yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman ibu-ibu PKK tentang pemanfaatan media sosial dalam pengembangan UMKM dan pembukuan digital. Metode pengabdian meliputi observasi, perencanaan, pelaksanaan sosialisasi, dan evaluasi. Hasil observasi menunjukkan kesulitan ibu-ibu PKK dalam memasarkan produk dan melakukan pembukuan transaksi secara manual, sedangkan perencanaan kegiatan dilakukan untuk menyusun materi sosialisasi yang efektif. Pelaksanaan sosialisasi mendapat dukungan yang baik dari ibu-ibu PKK dan diikuti dengan antusiasme tinggi. Kesimpulan menyoroti urgensi pemahaman dan penerapan teknologi digital dalam memajukan UMKM serta perlunya dukungan berkelanjutan. Abstrak ini menekankan pentingnya penerapan digital marketing dan aplikasi pembukuan digital bagi UMKM serta perlunya pendampingan yang berkelanjutan untuk mencapai dampak yang berkelanjutan dalam pengembangan usaha

https://doi.org/10.29407/ncce.v1i1.4896
PDF

References

Assauri, Prof. DR. S. (2020). Manajemen Pemasaran. PT. RajaGrafindo Persad.

Azizah, N. L., Indahyanti, U., Latifah, F. N., & Sumadyo, S. B. (2020). Pemanfaatan Pembukuan Digital pada Kelompok UMKM di Sidoarjo Sebagai Media Perencanaan Keuangan. Community Empowerment, 6(1), 64–70. https://doi.org/10.31603/ce.4378

Dr. Yusuf Zainal Abidin, M. M. (2021). Manajemen Komunikasi, Filosofi, Konsep dan Aplikasi. CV. Pustaka Setia.

Kelurahan, D., Kota, P., Forijati, R., Anas, M., Muchson, M., & Winarsih, T. (2022). Pelatihan Digital Marketing Ibu Rumah Tangga Pelaku Usaha Mikro. 6(3), 573–580.

Mansir, F., & Fatimah, S. (2021). Penggunaan Aplikasi Pembukuan Melalui Digital Marketing Dan Media Sosial Pada Umkm Bangunjiwo Bantul. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 256. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i2.32694

Muhnidin, A., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2023). Sosialisasi Pembukuan Dan Pemasaran Digital Pada Kelompok Umkm Di Desa Sait Buttu Saribu. 1(4), 192–201.

Putri, S. S. (2022). Digital Marketing Sebagai Optimalisasi Strategi Pemasaran Wirausaha Muda “ Clothing PRJBus ” Dalam Meningkatkan Omset Bisnis UMKM. Jurnal Lugas, 6(2), 65–72.

Santoso, R., Munawi, H. A., & Sukmawati, D. (2019). Perkembangan Teknologi Informasi dan Telekomunikasi terhadap Perubahan Perilaku Masyarakat. Conference on Research & Community Services, 586–592.

Sri Maharani, & Martin Bernard. (2018). Analisis hubungan resiliensi matematik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi lingkaran JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 819-826. 2018, 1(5), 819–826.

Zhu. (2019). Precision retail marketing strategy based on digital marketing. JOUR.