Abstract
Seiring perkembangan zaman Indonesia sudah memasuki era revolusi industri society 5.0. Kelurahan Burengan merupakan kelurahan terbaik ke-3 di Provinsi Jawa Timur. Salah satu prestasi yang dimiliki Kelurahan Burengan yakni di tahun 2023 mendapatkan penghargaan pada ajang Program Kampung Iklim (Proklim) yang berlokasi di RW 12 terdapat lahan perkebunan (BaseFarm). Lahan tersebut ditanam berbagai sayuran hidroponik. Berkebun dengan sistem hidroponik harus terus berjalan secara optimal dan dikenal dikalangan masyarakat luas terutama generasi muda. Oleh karena itu, dengan memanfaatkan teknologi digital maka promosi sebuah produk akan lebih mudah. Dengan adanya digital marketing atau pemasaran secara digital akan dapat mengoptimalkan penggunaan digital dalam berbisnis secara efisien dan efektif. Metode yang digunakan dengan data kualitatif yang dimulai dari observasi, wawancara, dan pelatihan media promosi secara digital. Sehingga tujuan diadakannya pelatihan tersebut adalah untuk memperkenalkan kepada masyarakat umum terutama generasi muda untuk membuat media promosi digital yakni e-brosur melalui platform canva.
References
Forijati, R., Sugiono, S., Anas, M., Muchson, M., Subagyo, S., & Winarsih, T. (2022). Pelatihan digital marketing ibu rumah tangga pelaku usaha mikro di Kelurahan Pojok Kota Kediri. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 6(3), 573– 580. Furqan, M. H., Azis, D., & Wahyuni, R. (2020). Implementasi Program Kampung Iklim (Proklim) Di Gampong Lambung Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Geosfer, 5(2). Hermon, D. (2016). Mitigasi Perubahan Iklim. Rajawali Pers (Radjagrafindo), 2(2), 116– 121. Klug, B., & Williams, U. (2016). Canva. The Charleston Advisor, 17(4), 13–16. Mulyani, Y. S., Wibisono, T., & Hikmah, A. B. (2022). Pemanfaatan media sosial TikTok untuk pemasaran bisnis digital sebagai media promosi. Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119–130.
Waluyo, M. R., Nurfajriah, N., Mariati, F. R. I., & Rohman, Q. A. H. H. (2021). Pemanfaatan hidroponik sebagai sarana pemanfaatan lahan terbatas bagi Karang Taruna Desa Limo. IKRA-ITH ABDIMAS, 4(1), 61–64. Wardani, A. S., Harini, D., Muzaki, M. N., Daniati, E., Sakin, K., Nugroho, A., & Indriati, R. (2024). Pelatihan Media Promosi Digital Produk Basefarm Burengan Kota Kediri. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(2). Wijaya, N., Irsyad, H., & Taqwiym, A. (2022). Pelatihan pemanfaatan canva dalam mendesain poster. Fordicate, 1(2), 192–199.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License