Abstract
Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki peranan penting dalam perekonomian
Negara, dari sisi penciptaan lapangan kerja maupun dari sisi jumlah usaha. UMKM juga berperan penting
dalam peningkatan komoditas kecil yang nantinya berkemungknan menjadi komoditas besar sebagi pasar
usaha rakyat. UMKM yang ada di kelurahan Manisrenggo yang saat ini disorot adalah UMKM Jamur
Tiram Pak Bai. Berjalannya UMKM ini tentu tak lepas dari kendala dalam aktivutas usahannya berupa
belum dimilikinya pembukuan yang baik, struktur, dan pembagian tugas sehingga berdampak pada tingkat
produktivitas dan pemasaran peoduk yang dihasilkan. Berdasakan latar belakang tersebut maka
dilaksanakan kegiatan pengabdian dengan mitra pengabdian yakni UMKM Jamur Tiram Pak Bai yang
berada di Kelurahan Manisrenggo kota Kediri, Provinsi Jawa Timur. Kegiatan pengabdian yang dilakukan
yakni pemberdayaan melalui sosialisasi manajemen UMKM Jmur Tiram Pak Bai. Hasil dari kegiatan ini
adalah mitra memiliki cara inovatif dalam hal promosi produknya yang kemudian juga berdampak positif
terhadap peningkatan produksi dan pemasaran produk yang dihasilkan. Dari kegiatan ini disimpulkan
bahwa permasalahan yang di hadapi mitra dapat terselesaikan setelah pelaksanaan kegiatan ini.
References
Aminah, I. S., & Hawalid, H. (2020). BUDIDAYA JAMUR TIRAM PUTIH ( Pluoretus ostreatus ) SEBAGAI UPAYA PERBAIKAN GIZI DAN MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA. 31–35.
Fattah, A., Budi, H. S., & Sahita, D. (2021). “ BUDIDAYA PRODUK JAMUR TIRAM UNTUK KEMANDIRIAN MASYARAKAT DESA DUYUNG , KECAMATAN MOJOKERTO. 910–919.
Hariyono, D. F., Dyah, I., & Paramitha, D. A. (2023). Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing pada usaha mikro ud. al mubarokah pare.
Hidayati1, Q., Yanti, N., & Jamal, N. (2021). PENINGKATAN PRODUKTIVITAS BUDIDAYA JAMUR TIRAM DENGAN. 5(1).
Juliharta, I. G. P. K., Wedasari, N. L. N. M., & Diaz, R. A. N. (2016). PEMBIBITAN JAMUR TIRAM PUTIH. 7(33).
Kurniawan, E., Nofriadi, & Maharani, D. (2021). Sosialisasi digital marketing dalam upaya peningkatan penjualan produk umkm. 1(1), 31–36.
Nasution, J. (2016). Kandungan karbohidrat dan protein jamur tiram putih (. 1, 38–41.
Prasetyo, A., & Wibowo, S. (2022). PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH PASKA. 7(11), 76–95.
Puspita, D., Anggraeni, L., Khumaidi, A., & Wati, R. (2023). SOSIALISASI PEMASARAN PRODUK MELALUI ( INTERNET MARKETING) PADA UMKM. 1(1), 155–160.
Rosmiah, & Khotimah, K. (2010). Uji Lama Waktu Inkubasi dan Jumlah Lubang Tumbuh Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus.). Laporan Penelitian Dosen Fakulatas Pertanian Universitas Muhammadiyah Palembang.
Sagaf, M., Setiyowati, D., Kusumodestoni, R. H., Hidayat, S., Islam, U., Agung, S., Islam, U., & Ulama, N. (2023). PENDAMPINGAN UMKM JAMUR TIRAM CRISPY “ ROOMPY ’ Resona : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat AJJ Jamur Tiram sebagai mitra dalam program pengabdian masyarakat . Menurut ( Sagaf et al . ,. 7(1), 54–61.
Saniyyah, Adviola, T. F., & Swasti, I. K. (2023). Sosialisasi Digital Marketing Pada UMKM di Kota Blitar Sebagai Sarana Pengembangan Pemasaran Produk. 1(3).
Sofiyana, M. S., Lestari, L. D., Hadi, T., Faizah, A. I., & Ardiyansyah, V. R. (2021). SOSIALISASI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN UMKM DI KECAMATAN SUTOJAYAN, KABUPATEN BLITAR. 4, 96–100.
Suryawati, E., Putra, R. A., & Taufik, H. (2019). Budidaya Jamur Tiram dan Olahannya untuk Kemandirian Masyarakat Desa Desa Seko Lubuk Tigo secara administratif berada di Kecamatan Lirik , Kabupaten Metode yang digunakan dalam kegiatan ini sesuai dengan diskusi tim abdi. 5(3), 358–370.
Triono, E. (2020). Budidaya Jamur Tiram dan Pengolahannya Sebagai Upaya Meningkatkan Ekonomi Kreatif Desa Kaulon.
Yohana, SE, M. Si, C. A. P., Ichsanti, E., Yusinta, F. R., Sitanggang, G. R., Agatha, H. S., Fitriyanti, I., & Safitri, T. D. (2024). SOSIALISASI PEMASARAN DIGITAL UNTUK USAHA KECIL, MIKRO DAN MENENGAH (UMKM) DI WILAYAH DASANA INDAH, BOJONG NANGKA KELAPA DUA, KAB. TANGERANG. 1(3), 81–88.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License