Peran Mahasiswa KKN-T Melalui Program Kelompok Belajar Bersama Dalam Mengatasi Anak Putus Sekolah Di Kelurahan Sukorame
PDF

Keywords

Mahasiswa
kelompok belajar bersama
anak putus sekolah

How to Cite

Wulan Nopiandari, Yuni Herawati, Siti Rochmatul, Rizky Pajar Refi Marisca, Luhung Badranuhdin, Dani Ardiansyah, & Farhan Maulana Alja. (2024). Peran Mahasiswa KKN-T Melalui Program Kelompok Belajar Bersama Dalam Mengatasi Anak Putus Sekolah Di Kelurahan Sukorame. Proceedings of The National Conference on Community Engagement, 1(1), 210–214. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ncce/article/view/5696

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mendata anak yang sudah putus sekolah. Tujuannya untuk mengetahui anak yang sudah putus sekolah di kelurahan sukorame. Metode yang di gunakan yaitu surve, sosialisasi dan belajar kelompok bersama. Berdasarkan hasil surve yang telah kami lakukan dapat diambil kesimpulan dengan adanya program kami pendataan anak putus sekolah dan kelompok belajar bersama dapat mengetahui ada beberapa anak yang putus sekolah di kelurahan sukorame dan penyebabnya , sehingga kami memberikan motivasi kepada anak yang putus sekolah agar anak tersebut ingin melanjutkan pendidikannya. Upaya yang kami lakukan untuk penanganan anak putus sekolah antara lain, 1) mengadakan kejar paket A,B, C, 2) Memberi bantuan SKS (Kartu Simpanan Keluarga Sejahtera) dan memberi bantuan PKH (Program Keluarga Harapan), 3) Memberikan bimbingan belajar diluar jam sekolah (Les belajar Bersama)

PDF

References

Abdullah, M. R. (2020). Analisis faktor penyebab anak putus sekolah di kecamatan amonggedo kabupaten konawe. 1(1), 19–25.

Atas, M., & Aliyah, M. (2021). DAMPAK REMAJA PUTUS SEKOLAH TINGKAT SEKOLAH. X, 1–14.

Krisna, ni ayu. (2014). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB ANAK PUTUS SEKOLAH 2012 / 2013.

Warisna, B. (2023). upaya penanggulangan anak putus sekolah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, 3871–3880.

Yaneri, A. (2022). ANALISIS PENYEBAB ANAK PUTUS SEKOLAH BAGI KELUARGA MISKIN. 4(1), 76–89.