Analisis Perilaku Bullying dan upaya pencegahannya di SD Kelurahan Kampung Dalem
PDF

Keywords

Analisis Perilaku
Bullying
upaya pencegahan

How to Cite

Analisis Perilaku Bullying dan upaya pencegahannya di SD Kelurahan Kampung Dalem. (2024). Proceedings of The National Conference on Community Engagement, 1(1), 262-269. https://doi.org/10.29407/wss6kr44

Abstract

Sekolah Dasar haruslah berperan dalam membentuk suatu pondasi yang kokoh terutama berkaitan dengan kepribadian dan karakter peserta didik. Apabila pondasi tersebut tidak dibangun dengan kuat nantinya anak akan mudah terpengruh dengan hal-hal negatife. Pengaruh tersebut dapat menimbulkan penyimpangan yang mengakibatkan terjadinya suatu konflik antar teman sekolah. Sehingga tindakan bullying terjadi. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang perilaku bullying yang sering terjadi di Sekolah Dasar Kelurahan Kampung Dalem serta pegetahuan siswa tentang perilaku bullying dan bahayanya perilaku tersebut bagi korban. Dalam penelitian ini menggunakan metode deksriptif kualitatif. Bullying adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk menyakiti dan merundung orang lain. Tindakan bullying dapat dilakukan secara perorangan maupun kelompok yang dapat dilakukan secara langsung maupun secara tidak langsung 35 siswa dari 45 siswa yang menjadi responden pernah melihat perundungan di sekolah dan mengalami nya, dan perundungan yang sering terjadi yaitu berupa ejekan penampilan fisik, perkataan kasar saat berbicara dengan teman. Upaya yang bisa dilakukan yaitu melakukan sosialisasi anti bullying di sekolah agar menambah pemahaman anak tentang bullying, membangun rasa percaya diri anak agar tidak merasa minder dan merasa terpuruk, mewujudkan suasana sekolah yang harmonis, guru dan orang tua menjadi panutan yang baik dan jika tindakan bullying sudah parah maka segera melaporkan kepada pihak yang berwenang.

PDF

References

Ahmad, N. (2021). ANALISIS PERILAKU BULLYING ANTAR SISWA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SDN SANGIR KECAMATAN WAJO KOTA MAKASSAR., (p. 152). Gorontalo.

Arespi Junindra, H. F. (2022). Peran Guru terhadap Perilaku Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 11134.

Ayu Muspita, N. M. (2017). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERILAKU

BULLYING PADA SISWA SD NEGERI KECAMATAN BUKIT KABUPATEN BENER

MERIAH. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling.

Gamar Abdullah, A. I. (2023). Pencegahan Perilaku Bullying pada Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Pelibatan Orang Tua. Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian: DIKMAS, 176.

Hidayati, N. (2012). Bullying pada Anak: Analisis dan Alternatif Solusi. Insan, 43.

Nanda Ruswita, H. Y. (2020). ANALISIS PERILAKU BULLYING SISWA DI SEKOLAH. Jurnal

Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling .

Putri Vindhian Ningtyas, R. B. (2023). Upaya Mengurangi Bullying Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Sosialisasi. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Riska Candrawati, ,. A. (2023). ANALISIS PERILAKU BULLYING TERHADAP MOTIVASI

BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum, 65-66.

Samrotul Fikriyah, A. M. (2022). PERAN ORANG TUA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DALAM MENYIKAPI BULLYING. Jurnal Tahsinia , 15.

Siti Mardiyah, B. A. (2020). PENGARUH EDUKASI DENGAN METODE ROLE PLAY TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG PENCEGAHAN BULLYING PADA ANAK SEKOLAH DASAR. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 100.

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

  1. Copyright on any article is retained by the author(s).
  2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
  3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
  4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
  5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License