Abstract
Sekolah Dasar haruslah berperan dalam membentuk suatu pondasi yang kokoh terutama berkaitan dengan kepribadian dan karakter peserta didik. Apabila pondasi tersebut tidak dibangun dengan kuat nantinya anak akan mudah terpengruh dengan hal-hal negatife. Pengaruh tersebut dapat menimbulkan penyimpangan yang mengakibatkan terjadinya suatu konflik antar teman sekolah. Sehingga tindakan bullying terjadi. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang perilaku bullying yang sering terjadi di Sekolah Dasar Kelurahan Kampung Dalem serta pegetahuan siswa tentang perilaku bullying dan bahayanya perilaku tersebut bagi korban. Dalam penelitian ini menggunakan metode deksriptif kualitatif. Bullying adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk menyakiti dan merundung orang lain. Tindakan bullying dapat dilakukan secara perorangan maupun kelompok yang dapat dilakukan secara langsung maupun secara tidak langsung 35 siswa dari 45 siswa yang menjadi responden pernah melihat perundungan di sekolah dan mengalami nya, dan perundungan yang sering terjadi yaitu berupa ejekan penampilan fisik, perkataan kasar saat berbicara dengan teman. Upaya yang bisa dilakukan yaitu melakukan sosialisasi anti bullying di sekolah agar menambah pemahaman anak tentang bullying, membangun rasa percaya diri anak agar tidak merasa minder dan merasa terpuruk, mewujudkan suasana sekolah yang harmonis, guru dan orang tua menjadi panutan yang baik dan jika tindakan bullying sudah parah maka segera melaporkan kepada pihak yang berwenang.
References
Ahmad, N. (2021). ANALISIS PERILAKU BULLYING ANTAR SISWA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SDN SANGIR KECAMATAN WAJO KOTA MAKASSAR., (p. 152). Gorontalo.
Arespi Junindra, H. F. (2022). Peran Guru terhadap Perilaku Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 11134.
Ayu Muspita, N. M. (2017). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERILAKU
BULLYING PADA SISWA SD NEGERI KECAMATAN BUKIT KABUPATEN BENER
MERIAH. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling.
Gamar Abdullah, A. I. (2023). Pencegahan Perilaku Bullying pada Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Pelibatan Orang Tua. Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian: DIKMAS, 176.
Hidayati, N. (2012). Bullying pada Anak: Analisis dan Alternatif Solusi. Insan, 43.
Nanda Ruswita, H. Y. (2020). ANALISIS PERILAKU BULLYING SISWA DI SEKOLAH. Jurnal
Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling .
Putri Vindhian Ningtyas, R. B. (2023). Upaya Mengurangi Bullying Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Sosialisasi. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Riska Candrawati, ,. A. (2023). ANALISIS PERILAKU BULLYING TERHADAP MOTIVASI
BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum, 65-66.
Samrotul Fikriyah, A. M. (2022). PERAN ORANG TUA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DALAM MENYIKAPI BULLYING. Jurnal Tahsinia , 15.
Siti Mardiyah, B. A. (2020). PENGARUH EDUKASI DENGAN METODE ROLE PLAY TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG PENCEGAHAN BULLYING PADA ANAK SEKOLAH DASAR. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 100.