Upaya Meningkatkan Imajinasi Anak Usia Dini (AUD) Melalui Kegiatan Mendongeng dan Kreativitas Daur Ulang di Sekolah Alam Ramadhani
PDF

Keywords

imajinasi anak usia dini
kreativitas
daur ulang

How to Cite

Dhana Fitri Cahyani, Salma Delvika Rahma, Famelia Febriyani, Ramadhan Dewa Pamungkas, Alqutsi Tohirin, Fresty Aprilina, & Rangga Zasky Pradana. (2024). Upaya Meningkatkan Imajinasi Anak Usia Dini (AUD) Melalui Kegiatan Mendongeng dan Kreativitas Daur Ulang di Sekolah Alam Ramadhani. Proceedings of The National Conference on Community Engagement, 1(1), 393–399. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ncce/article/view/5750

Abstract

Dari hasil observasi di TK Alam Ramadhani ditemukan suatu permasalahan yaitu daya imajinasi anak yang masih kurang, pembelajaran yang masih monoton serta masih kurangnya pengenalan pada benda-benda bekas yang bisa di manfaatkan menjadi suatu karya yang menarik. Pengabdian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis upaya meningkatkan imajinasi anak usia dini (AUD) melalui kegiatan mendongeng dan kreativitas daur ulang di Sekolah Alam Ramadhani. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Kegiatan mendongeng dilakukan dengan bahan-bahan yang didapat dari lingkungan sekolah. Hasil dari kegiatan ini yaitu peserta didik mampu merespon baik, dan memberi umpan balik, serta mampu mengaplikasikan ide ke dalam kegiatan tersebut

PDF

References

J. Maini Sitepu and M. Sari Sitepu, “Perkembangan Konsep Diri Anak Usia Dini Di Masa Pandemic,” SiNTESa CERED Semin. Nas. Teknol. Edukasi dan Hum., vol. 2021, pp. 402–409, 2021.

Syahreni Yenti, “Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (AUD) : Studi Literatur,” Perkemb. Sos. Emosional Anak Usia Dini Stud. Lit., vol. 5, p. 6, 2021.

N. Anisyah, Indrawati, L. Hafizotun, S. Marwah, V. Yumarni, and N. Annisa DN, “Orang Tua Kreatif untuk Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Kegiatan Parenting,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, no. 1, pp. 34–43, 2021, doi: 10.37985/murhum.v2i1.26.

R. Rapiatunnisa, “Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran,” Mitra Ash-Shibyan J. Pendidik. dan Konseling, vol. 5, no. 01, pp. 17–26, 2022, doi: 10.46963/mash.v5i01.423.

U. dan fajri nur Hasanah, “KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI 1USWATUN,” EDUKIDS J. Inov. Pendidik. anak usia dini, vol. 01, no. 2, pp. 1–23, 2016.

M. Maarang, N. Khotimah, and N. Maria Lily, “Analisis Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Pembelajaran STEAM Berbasis Loose Parts,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 1, pp. 309–320, 2023, doi: 10.37985/murhum.v4i1.215.

R. A. S. Harahap, “Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Bermain,” J. Pendidik. dan konseling, vol. 4, no. 5, p. 628, 2022, [Online]. Available: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6601/5032