Pengenalan Tulisan Tangan Aksara Jawa Menggunakan Metode Learning Vector Quantization (LVQ) dan Euclidean Distance
PDF

Keywords

Aksara Jawa
Euclidean Distance
Learning Vector Quantization
Pengenalan Pola

How to Cite

Hamzah, S. ., & Pamungkas, D. P. . (2021). Pengenalan Tulisan Tangan Aksara Jawa Menggunakan Metode Learning Vector Quantization (LVQ) dan Euclidean Distance. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(1), 225–230. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i1.952

Abstract

Perkembangan teknologi di era digital seperti sekaran mengalami kemajuan yang sangat pesat sehingga hal itu bisa dibuktikan dengan adanya  banyak softwareang sangat bermanfaat dibidang pendidikan dan kebudayaan sebagai media belajar,salah satu perkembangan teknologi dibidang software adalah teknologi pengolahan citra yang di gunakan untuk pengenalan tulisan tangan aksara jawa. Sistem yang dibuatertujuan untuk membantu mengenali pola tulisan tangan aksara jawa dengan menggunakan Metode Learning Vector Quantization (LVQ) dan Euclidean Distance. Konsep dasar dari Metode Learning Vector Quantization (LVQ) dan Euclidean Distance adalah identifikasi fase penting dalam karena setiap huruf mempunyai keunikan tersendiri sehingga membedakan dirinya dari huruf yang lain. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, disimpulkan persentase akurasi yang mendekati dengan hasil sebenarnya hingga 66,66 %.

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i1.952
PDF

References

Anindito Prabowo, Eko Adi Sarwoko, Djalal Er Riyanto, 2006. Perbandingan Antara Metode Kohonen Neural Network dengan Metode Learning Vector Quantization Pada Pengenalan Pola Tandatangan.

Budianita, Elvia dan Widodo Prijodiprodjo. 2013. Penerapan Learning Vector Quantization untuk Klasifikasi Status Gizi Anak. Yogyakarta : IJCCS.

Connolly, T., dan C.Begg. 2010. Database System: a practical approach to design, implementation, and management, 5th Edition.

Elvia Budianita, Widodo Prijodiprodjo, 2006. Penerapan Learning Vector Quantization untuk Klasifikasi Status Gizi Anak, 2013), (Risky Meliawati, Oni Soesanto, Dwi Kartini, Penerapan Metode Learning Vector Quantization pada prediksi Jurusan di SMA PGRI 1 Banjarbaru.

Fathansyah. 2012. Basis Data (Edisi Revisi). Bandung : INFORMATIKA.

Fatta, Hanif al. 2009. Rekayasa Sistem Pengenalan Wajah. Yogyakarta : Andi.

Mafrur, Rischan, M.Andestoni, Moch.Shidqul Ahdi, Nur Shalahuddin dan Anik Muhantini. 2011. Pengenalan Huruf Jawa menggunakan Metode Learning Vector Quantization (LVQ). (Online) 1 – 6, tersedia : http:// https://www.researchgate.net , diunduh 12 Juni 2017.

Meliawati, Risky, Oni Soesanto dan Dwi Kartini. 2016. Penerapan Metode Learning Vector Quantization pada prediksi Jurusan di SMA PGRI 1 Banjarbaru. Banjarbaru : Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK).

Putra, Darma . 2010. Pengolahan Citra Digital. Yogyakarta : Andi.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Saiful Hamzah, Danar Putra Pamungkas

Downloads

Download data is not yet available.