Sistem Pendukung Keputusan Perawatan Kecantikan Menggunakan Metode Case Based Reasoning Berbasis WEB
pdf

Keywords

Case Based Reasoning
Perawatan Kecantikan
Ssistem Pendukung Keputusan

How to Cite

Fauziyah, L. R., Kasih, P., & Pamungkas, D. P. . (2022). Sistem Pendukung Keputusan Perawatan Kecantikan Menggunakan Metode Case Based Reasoning Berbasis WEB. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 6(3), 131–136. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/2709

Abstract

Permasahan yang ada di Cahya Salon menginginkan seorang dokter yang bisa memberikan layanan konsultasi perawatan kecantikan. Akan tetapi kendala yang dihadapi yakni terletak pada pembiayaannya yang mahal, sebab Cahya Salon berkeinginan meningkatkan mutu dengan tidak mengharuskan menambah biaya perawatannya. Dengan begitu timbulah gagasan yakni mengadopsi ilmu pakar kecantikan di Cahya Salon kedalam suatu aplikasi sistem yang mendukung keputusan. Dimana sistem ini disusun dan dibangun mempergunakan metode case based reasoning berbasiskan web supaya konsumen bisa berkonsultasi dimana saja dan kapan saja, dengan begitu bisa mengefisienkan waktu pelayanan disaat hendak melaksanakan perawatan, konsumen telah mengetahui solusi mana yang menurutnya benar bagi permasalahan kecantikan yang dialami. Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana caraya mengadopsi keilmuan para ahli pada sistem Salon kecantikan ke dalam aplikasi ? Bagaimana merancang sistem pendukung keputusan selaku alat yang bisa membantu pada pengambilan keputusan yang baik dan tepat bagi konsumen salon ? Bagaimana cara membuat sistem pendukung keputusan melalui penggunaan metode case based reasoning ? Penelitian ini menggunakan metode case based reasoning berbasis web. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan waterfall dimana tahapan waterfall ada 6 yaitu System Engineering, Analysis, Design, Coding, Testing, Maintenance. Kesimpulan penelitian ini adalah Pada penelitian ini telah membuat sistem rekomendasi dengan menerapkan metode case based reasoning. Pada penelitian ini telah mengadopsi keilmuan keilmuan para ahli pada sistem Salon kecantikan ke dalam aplikasi berbasis web. Berdasarkan hasil pengujian blackbox testing dan perhitungan manual telah sesuai dengan apa yang diinginkan.

pdf

References

Ahmad, Rahasia Kecantikan Kulit Wajah. Jakarta: Carta PPS, 2014.

Aceng Abdul Wahid, “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi,” Jurnal Ilmu-ilmu Informatika dan Manajemen STMIK, vol. 1, 2020.

J. Sampurna and A. Malik, Sistem Pendukung keputusan. Jakarta: Elex media Komputindo, 2014.

Ernawati, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pencernaan Manusia Menggunakan Metode Case Based Reasoning,” J Chem Inf Model, vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2017.

A. D. dkk Jatmiko, “Analisis Dan Implementasi Sistem Pakar Dengan Metode Case Based Reasoning Dan Rule Based Reasoning (Studi Kasus: Diagnosis Penyakit Demam Berdarah),” e-Proceeding of Engineering, vol. 4, no. 2, pp. 3269–3276, 2017.

B. Nugroho, Dasar Pemograman Web PHP–MySQL dengan Dreamweaver. Yogyakarta: Gaya Media, 2013.

B. Raharjo, Modul Pemrograman Web HTML, PHP, dan MySQL. Bandung: Modula, 2014.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Laili Rahma Fauziyah, Patmi Kasih, Danar Putra Pamungkas

Downloads

Download data is not yet available.