Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Rastra di Desa Sidoharjo Menggunakan Metode AHP
pdf

Keywords

AHP
keluarga sejahtera
MySQL
rastra

How to Cite

Fariska, G. ., Widodo, D. W. ., & Mahdiyah, U. . (2020). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Rastra di Desa Sidoharjo Menggunakan Metode AHP. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(3), 205–210. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i3.87

Abstract

Penelitian  ini  dilatar  belakangi  dari  pengambilan  keputusan  untuk  menentukan  kriteria penerima beras sejahtera di Desa Sidoharjo yang terjadi tidak mengacu pada kriteria keluarga miskin, sehingga mengakibatkan pembagian beras miskin yang salah sasaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kualititatif. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan sistem informasi berbasis komputer yaitu Sistem Pendukung Keputusan (SPK)  yang  dapat mendukung pengambilan keputusan calon penerima rastra berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. SPK dirancang untuk mendukung  seluruh  tahap  pengambilan  keputusan  mulai  dari  mengidentifikasi  masalah,  memilih  data  yang relevan, menentukan pendekatan yang digunakan dalam proses pengambilan keputusan, sampai mengevaluasi pemilihan alternatif. Sistem pendukung keputusan dalam penelitian ini membantu melakukan penilaian setiap keluarga  miskin,  melakukan  perubahan  kriteria,  dan  perubahan  nilai  parameter.  Hal  ini  berguna  untuk memudahkan pengambil keputusan  terkait dengan masalah seleksi penerima beras untuk keluarga miskin (Rastra) di  Desa  Sidoharjo,  sehingga  akan  di  dapatkan  keluarga  yang  paling  layak  diberi  Rastra.  Sistem  Pendukung Keputusan ini menggunakan algoritma AHP. Hasil dari penelitian ini sistem dapat meningkatkan  hasil efektifitas keputusan yang di ambil  pimpinan  serta berdaya saing mengatasi keterbatasan kognitif dalam pemrosesan dan penyimpanan. Sistem ini memberikan informasi, membantu kepala desa  dalam menentukan calon penerima rastra berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i3.87
pdf

References

Muntava, Agnia Eva. Mubarok, Husni. 2017. Penerapan Metode AHP Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Mahasiswa Berprestasi. Bandung : Universitas Siliwangi.

Prihartanto, Lelono. 2016. Sistem Pendukung Keputusan Penerima Jamkesmas Dengan Metode AHP. Surakarta : Universitas Muhammadiyah.

Madini, Fajri. 2017. Sistem Pendukung Keputusan Distribusi Raskin (Beras Miskin) Dengan Meode Simple-Multy Attribute Rating Technique. Semarang : Universitas Diponegoro.

Suryadi, Andri. Harahap, Erwin. 2017. Pemeringkatan Pegawai Berprestasi Menggunakan Meode AHP di PT.XYZ. Yogyakarta : Universitas Bantul

Downloads

Download data is not yet available.