Sinkronisasi Sistem Mekanikal Dan Elektrikal Pada Dynotest Berbasis Momen Inersia
PDF

Keywords

Dynotes Inersia
Elektrikal
Mekanikal
Sinkronisasi

How to Cite

Wiyono, Ali Akbar, & Nadliroh , kuni . (2024). Sinkronisasi Sistem Mekanikal Dan Elektrikal Pada Dynotest Berbasis Momen Inersia. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 8(3). Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/5127

Abstract

Alat dynotest berbasis momen inersia adalah solusi uji performa kendaraan yang mengukur daya dan torsi pada kendaraan bermotor. Dengan menggunakan roller drum sebagai momen inersia, Type dynotest berbasis momen inersia menjadi pilihan yang praktis karena Cukup dengan memasang primemover dan menjalankannya, hasil bacaan dynamometer akan langsung muncul pada monitor secara real-time. Tujuan sinkronisasi sistem mekanikal dan elektrikal pada dynotest berbasis momen inersia adalah untuk mengetahui kondisi alat berjalan secara sinkron dan efektif atau sebaliknya, Hasil dari perancangan alat tersebut mempunyai dimensi P x L x T = 150 x 100 x 100 yang menggunakan bahan baku besi siku sebagai rangka utama. Alat tersebut menghasilkan momen inersia yang di dapat dari roller drum yang digerakkan dari engine Yamaha mio j 110 cc dengan rpm maksimal 10.000 yang dapat di atur menggunakan grip gas pada stang. Alat tersebut juga dilengkapi dengan microcontroller ARM cortex yang terdiri dari beberapa rangkaian sensor, yaitu sensor magnetic encoder pada kipas magnet mesin yamaha mio j yang berfungsi mengukur rpm motor penggerak dan sensor pada poros roller inersia.

PDF

References

Wayan Wismantarayasa, I Gede Wiratmaja, Nyoman Arya Wigraha, “Pengaruh Penambahan Panjang Collar Pada DrivePulley terhadap Torsi dan Daya Sepeda Motor Bertransmisi CVT” ejurnal.unmuhjember, vol. 8, no. 1, 2023.

Gandi Aditya, Denny Darlis, “PERANCANGANDYNOTEST PORTABLEUNTUKSEPEDA MOTOR DENGANSISTEMMONITORINGMENGGUNAKAN MODUL ISM FREKUENSI 2.4 GHz” Telkom Univesity, vol. 1, no. 2, 2015.

Farshal, Muhammad Farras, Sri Nugroho, Yusuf Umardani, “Analisis Kegagalan Sprocket Pada Transmisi Mobil Antawirya” Jurnal Teknik Mesin Indonesia, vol. 17, no. 2, 2022.

Fernando, Makmur, Lie Jasa, And Rukmi Sari Hartati, “Monitoring System Kecepatan Dan Arah Angin Berbasis Internet Of Things (Iot) Menggunakan Raspberry Pi 3” Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, vol. 21, no.1, 2022.

Maridjo, Ika Yuliyani, Angga R, “Pengaruh Pemakaian Bahan Bakar Premium, Pertalite Dan Pertamax Terhadap Kinerja Motor 4 Tak.” Jurnal Teknik Energi 9, vol. 9, no. 1, 2019.

Mustofa, Ali, Sarjito Jokosisworo, And Ari Wibawa Budi S, “Analisa Kekuatan Tarik, Kekuatan Lentur Putar Dan Kekuatan Puntir Baja St 41 Sebagai Bahan Poros Baling-Baling Kapal (Propeller Shaft) Setelah Proses Quenching” Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 6, no. 1, 2018

Nasution, A Y, And G Hidayat, “Rancang Bangun Alat Pengaduk Adonan Bubur Organik Kapasitas 7 Liter Untuk Industri Umkm” Jurnal Mesin Teknologi, vol. 12, no. 2, 2018.

Rachman, Arief, Budi Hartono, And Dwi Yuliaji, “Analisa Getaran Pada Bearing Berbasis Kerusakan Bearing.” Lembaga Penelitian Universitas Muhammadiyah Tangerang, vol. 6, no. 1, 2018.

Syah, Fahma Ilmian, Karnowo Karnowo, And Senthot Wr Dhimas, “Perancangan Dan Pembuatan Dinamometer Eddy Current Untuk Pengujian Motor Bakar 0,81 Kw.” Sainteknol 16, vol. 16, no. 1, 2018.

Waidah Fara Dina, Dwi Putra Devio, Syarifuddin, “Perencanaan Sistem Jaringan Dan Komunikasi Data Pt. Wira Penta Kencana Dina” Jurnal Tikar 2, vol. 2, no. 2, 2021.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2024 Wiyono, Ali Akbar, kuni Nadliroh

Downloads

Download data is not yet available.