Analisa Kinerja Dynotest Berbasis Momen Inersia
PDF

Keywords

Berbasis Dynotest
Inersia Momen Sistem

How to Cite

Pambudi, P. T. ., Akbar, A. ., & Nadliroh, K. . (2023). Analisa Kinerja Dynotest Berbasis Momen Inersia. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 7(2), 780–792. https://doi.org/10.29407/inotek.v7i2.3497

Abstract

Dynotest dengan momen inersia adalah suatu alat ukur yang digunakan untuk mengukur torsi poros out-put suatu penggerak mula, besaran ini digunakan untuk menentukan daya yang bisa dihasilkan oleh penggerak mula tersebut. Dynotest dapat juga digunakan untuk menentukan tenaga dan torsi yang diperlukan untuk mengoperasikan suatu mesin. Dalam hal ini, maka diperlukan dynotest. Sebenarnya Dynotest adalah sebuah test yang digunakan untuk mengetahui kinerja/performa mesin kendaraan. Karenanya parameter yang diukur pada Dynotest adalah RPM (Rotation Per Minute), Torque, dan Power yang merupakan fungsi dari RPM dan Torque. Tujuan perancangan dan Analisa sistem dynotest berbasis momen inersia yaitu untuk mengatasi permasalahan pada mahasiswa pada saat melakukan praktikum di lab Teknik mesin sehingga tercipta sebuah alat dynotest berbasis momen inersia. Hasil dari perancangan alat tersebut mempunyai dimensi P x L x T = 150 x 100 x 100 yang menggunakan bahan baku besi siku sebagai rangka utama. Alat tersebut menghasilkan momen inersia yang di dapat dari roller drum yang di gerakkan dari engine Yamaha mio j 110 cc dengan rpm maksimal 10.000 yang dapat di atur menggunakan grip gas pada stang. Untuk menentukan suatu rpm alat ini di lengkapi dengan microcontroller arm cortex yang terdiri dari beberapa rangkaian sensor yaitu sensor kecepatan sudut,sensor dan sensor rpm.

https://doi.org/10.29407/inotek.v7i2.3497
PDF

References

I Dewa Gede Ari Suwira Putra, I.G.B Wijaya Kusuma dan Anak Agung Adhi Suryawan. 2016. Unjuk Kerja Mobil Bertransmisi Manual Menggunakan Bahan Bakar Liquified Gas For Vehicle (LGV) dengan Metode Dynotest. Jurnal Mekanik Terapan, volume 2, no 2 pp 75 – 82.

Yuniarto Agus Winoko, Achmat Fajarot Mauladhana. 2020. Komparasi Penggunaan Jumlah Busi dan Putaran Mesin Terhadap Kinerja Mesin Bensin Satu Silinder dengan Metode Dynotest. Jurnal Flywheel, volume 11, nomor 1.

Fuad Zainuri. 2019. Studi Komparasi Implementasi Prosedur Engine Dynotest di pt s Dan pt t. Jurnal Seminar Nasional Teknik Mesin.

Muhammad Safran Ginting. 2017. Analisa Performa Motor Berbahan Bakar Premium Dan Motor Berbahan Bakar Pertamax.

Muhammad Minan Chusni, Muhammad Ferdinan Rizaldi, Santi Nurlaela, Siti Nursetia, Wawat Susilawat. 2018. Measurement Of Inertial Cylinder Inertia Moment With Integral And Tracker.

Gandi Aditya, Denny Darlis. 2015. Perancangan Dynotest portable untuk sepeda motor Dengan Sistem Monitoring Menggunakan Modul ISM Frekuensi 2.4 GHz.

Enny.2017. Tachometer Laser, Pemakaian Dan Perawatannya. Vol. 13(1):7-12.

Soeleman, M. Isahudin Hutama Putra. Analisis Karakterisitik Gear Sprocket Standard dan Racing Pada Sepeda Motor.

Aprizal. Uji Prestasi Motor Bakar Bensin Merek Honda Astrea 100 CC.

Derryl Veante Parinussa dan Harus Laksana Guntur.2022. Pengujian dan Analisa Performa Daya dan Torsi Electric Scooter 2 kW dengan Menggunakan Chassis Dynamometer.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Pramudya Teguh Pambudi, Ali Akbar, Kuni Nadliroh

Downloads

Download data is not yet available.