Rancang Bangun Mesin Penggerak Untuk Alat Pembuat Keripik Pisang Otomatis
pdf

Keywords

Keripik pisang
motor listrik
pulley

How to Cite

Purnama, Y. A. ., & Nadliroh, K. (2021). Rancang Bangun Mesin Penggerak Untuk Alat Pembuat Keripik Pisang Otomatis. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(3), 313–318. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i3.1126

Abstract

Keripik pisang merupakan salah satu hasil pengolahan pisang yang mana keberadaannya sangat melimpah di Indonesia. Pengolahan keripik pisang yang masih dilakukan secaramanual dirasa kurang efektif, efisien, dan ekonomis. Sehingga diperlukan alat yang bisa mempermudah pembuatan keripik pisang, alat pengolahan tersebut meliputi pengiris, pencuci, dan penggorengan. Sehingga penulis mempunyai tujuan untuk membuat puli yang sedemikian rupa bisa menggerakan mesin tersebut secara maksimal. Dalam alat tersebut tentunya terdapat penggerak yang putaran mesin akan ditentukan oleh perbandingan diameter pulley. Dalam perancangan ini putaran mesin yang didapat adalah 770 rpm untuk alat pengiris,23,3 rpm untuk alat pencuci, dan 43,75 untuk alat penggoreng keripik pisang.

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i3.1126
pdf

References

Utomo, D. 2016. Variasi Diameter Pulley Yang Digerakan Pada Mesin Pencaah Cengkeh. Skripsi.

Prasetyana, T. H.2015. Perancangan Mesin Pengiris Pisang Dengan Pisau (Slicer) Vertikal Kapasitas 120 Kg/Jam. Skripsi.

Utomo, H. I. 2018. Analisa Macam Macam Sudut Mata Pisau Mesin Pencacah Tongkol Jagung Terhadap Hasil Pencacahan. Skripsi,

Arief, K. E. E. 2014. Transmission Calculation and Analysis of Skeletal Strength In Hammer Mill Machine (Doctoral dissertation, Sepuluh November Institute of Technology).

Hardono, J. 2017. Design a Household Scale Coconut Shredr Machine Measuring 1 Kg Per 9 Minute Grated Time Using a 100 Watt Electric Motor. Motor Burn: Journal of Mechanical Engineering, 1(1).

Putra, R. D. P. 2020. Analisa Pengaruh Perbandingan Pulley Dan Jumlah Sudu Dengan Penambahan Belah Pipa Terhadap Tegangan istrik Yang Dihasilkan Pada Prototupe Microhidro Terapung TipeIPE Undershot Menggunakan Metode Taguchi Doctoral Dissertation, Institut Teknologi Nasional Malang.

Fattah, F. 2017. Rancang Bangun Alat Pengayak Pasir Otomatis. 01(1), 1–17.

SITI, H.2020. Analisis Performansi Mesin Perajang Daun Tembakau Terhadap Kualitas Yang Dihasilkan. Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah_Mataram.

Sularso dan Kiyokatsu Suga. 1997. Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin. Jakarta : Pradnya Paramita.

Diniaty, D. (2017). Penentuan Jumlah Tenaga Kerja Berdasarkan Waktu Standar dengan Metode Work Sampling di Stasiun Repair Overhoul Gearbox (Studi Kasus: PT. IMECO Inter Sarana). Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri, 3(1), 1-6.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Yuni Aditya Purnama, Kuni Nadliroh

Downloads

Download data is not yet available.