Mesin Penghancur Limbah Kaca dengan Kapasitas 30 kg/jam
PDF

Keywords

rancang
mesin
crusher
shredder
penghancur kaca

How to Cite

Dzulhaj, A. I. ., Rohman, F. ., & Nadliroh, K. . (2020). Mesin Penghancur Limbah Kaca dengan Kapasitas 30 kg/jam. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(2), 138–143. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i2.134

Abstract

Saat  ini  permasalahan  sampah, baik sampah organik maupun non-organik, telah  menjadi  permasalahan  nasional  yang  berdampak buruk  bagi  kehidupan  sosial,  ekonomi,  kesehatan,  dan  lingkungan. Kaca merupakan komponen besar sampah rumah tangga dan limbah industri  karena  sifatnya yang berat dan padat. Komponen kaca di tempat sampah umum kebanyakan  terdiri dari botol,  gelas pecah, bola lampu dan barang-barang lainnya.Pendauran kacamembutuhkan energi   yang   lebih   sedikit   bila   dibandingkan   dengan manufaktur kaca dari pasir, kapur dan soda. Berdasarkan uraian di atas, penulis akan merancang mesin penghancur limbah botol kaca dengan harapan limbah yang telah dihancurkan dapat lebih mudah dimanfaatkan sehingga tidak terjadi lagi penumpukan limbah kaca. Prinsip kerja mesin penghancur limbah kaca ini adalah menghancurkan limbah  kaca menjadi serpihan kaca. Dari hasil perancangan yang telah dilakukan, mesin penghancur limbah kaca dengan sistem crusher ini memiliki tinggi 88 cm, panjang 68 cm, lebar 58 cm. Pisau penghancur limbah  kaca menggunakan dua buah mata pisau shredder tipe-2 yang berputar berlawanan arah di dalam ruang penghancur. Rancangan mesin yang telah dibuat mempunyai kapasitas 33 kg/jam dengan mesin penggerak berkecepatan 1800 rpm.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i2.134
PDF

References

Adhiharto, R., Komara, A. I., Annisa. 2019. Studi rancang bangun mesin plastic waste shredder dengan kapasitas 15 kg/hari dengan aplikasi metode vdi 2222. Jurnal ilmiah berkala TEDC.Vol 13, No. 3.

Gelbert, M., Prihanto, A.P., Suprihatin. 1996. Sampah dan Pengelolaannya. Malang : PPPGT/VEDC.

Giovanno, Antonio. 2017. Glass Recycle. https://www.academia.edu/8690382/Glass_Recycle. diakses pada tanggal 4 Mei 2020

Hadi, S., Djamri, A., Teguh, B. 2001. Pengembangan prototype mesin pencacah tandan sawit untuk menghasilkan bahan baku pupuk organik. TPSDP.SPK No. 18/II/TPSDP-Unand.

Kementerian Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia (KNLH). 2008. Statistik Persampahan Indonesia. Jakarta: KNLH.

Kumagai, S., Sasaki, J. 2009. Carbon/silica composite fabricated from rice husk by means of binderless hot-pressing. Bioresource technol 100 hal. 3308-3315.

Munawarah, A.P. 2018. Perancangan Pusat Daur Ulang Kaca Dengan Pendekatan Focus On Material Di Kota Depok. Tesis Program Pascasarjana Teknik Arsitektur. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Agam Ibrahim Dzulhaj, Fatkur Rohman, Kuni Nadliroh

Downloads

Download data is not yet available.