Rancang Bangun Rangka Mesin Pengolah Kompos Kapasitas 5kg/Menit
PDF

Keywords

analisis kekuatan rangka
besi siku
faktor keamanan
pupuk kompos
rangka mesin
tegangan

How to Cite

Mustaqim, M. ., Pramesti, Y. S. ., & Setyowidodo, I. . (2024). Rancang Bangun Rangka Mesin Pengolah Kompos Kapasitas 5kg/Menit. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 8(2), 730–738. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/4974

Abstract

Mesin  pengolah kompos ini memiliki kemampuan untuk menghancurkan atau mencacah kotoran kambing menjadi ukuran yang relatif halus sesuai dengan kebutuhan pupuk kompos. penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kekuatan rangka pada mesin pengolah kompos, yang dimana bertujuan untuk mengetahui nilai tegangan (stress) dan nilai safety factor pada rangka, apakah nilai analisis rangka mesin pengolah kompos ini melebihi batas yield strength dan aman untuk digunakan ataupun sebaliknya. Pada perancangan mesin pengolah kompos ini mempunyai dimensi P = 110 cm, L = 40 cm, T = 130 cm. Pada perancangan mesin pengolah kompos ini menggunakan besi siku 50 x 50 mm tebal 3 mm. Berdasarkan hasil analisis penelitian didapatkan nilai maksimum von misses stress 79,58 MPa kurang dari nilai yield strength yang bernilai 250 MPa dan dinyatakan aman, displacement tidak ada yang bewarna indikator merah pada rangka, dan nilai minimum safety factor 3,86 ul melebihi dari nilai 1 ul dan dinyatakan aman.

PDF

References

F. S. Latumahina, H. Hafid, P. Hadi, A. Mutolib, Y. Arifien, M. asir, C. M. Wattimena, V. Sarasi, A. K. H. Hasibuan, L. N. Afifah, Azhar, P. K. Widyaputra dan A. P. Sujalu, Pertanian, Kehutanan dan Kemakmuran Petani, Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung, 2021.

W. Artini, “Kebutuhan Petani Untuk Pengembangan Usaha Tani Padi Organik (Studi Kasus Terhadap Kelompok Petani Padi Organik di Kabupaten Kediri),” Jurnal Agrinika, vol. 1, no. 1, pp. 12-26, 2017.

A. S. Parnata, Meningkatkan Hasil Panen dengan Pupuk Organik, Jakarta Selatan: PT AgroMedia Pustaka, 2010.

V. Darwis dan B. Rachman, “Potensi Pengembangan Pupuk Organik Insitu Mendukung Percepatan Penerapan Pertanian Organik,” Forum Penelitian Agro Ekonomi, vol. 31, no. 1, pp. 51-65, 2013.

R. Nur dan M. A. Suyuti, Perancangan Mesin-Mesin Industri, Yogyakarta: Deepublish, 2018.

L. A. N. Wibawa, Simulasi Kekuatan Komponen Sarana Pengujian Roket Menggunakan Autodesk Inventor Professional 2017, solo: bukukatta, 2018.

M. A. D. Pratama, “Rancang Bangun Rangka Mesin Pencacah Plastik Kemasan,” Universitas Sebelas Maret, 2012.

Gunawan, A. Arifin, I. Yani, D. K. Pratiwi, Barlin dan D. Adanta, “Pemanfaatan Mesin Pengolahan Multifungsi Pada Usaha Ternak Kambing Yang Dikelola Petani Karet,” Jurnal Pengabdian Community, vol. 3, no. 3, pp. 76-80, 2021.

Jasman, E. Indriawan, Primawan, B. Rahim dan C. Andriani, “Aplikasi Tepat Guna Mesin Penggiling Kotoran Kambing,” IRPI Publisher, vol. 3, no. 2, pp. 90-100, 2023.

H. Suripto, Sukarman, Aprizal, Y. Rizal dan S. Anwar, “Pembuatan Mesin Pencacah Single Blade Kapasitas 100 kg/jam dengan Metode Pahl & Beitz,” APTEK, vol. 13, no. 2, pp. 83-89, 2021.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2024 Mufidh’ainun Mustaqim, Yasinta Sindy Pramesti, Irwan Setyowidodo

Downloads

Download data is not yet available.