DESINGN BUILD AN EFFECTIVE AND EFFICIENT GINGER WASHING MACHINE WITH A CAPACITY OF 5 KG
PDF

Keywords

alat pengkristal jahe
jahe kristal
rancang bangun pencuci

How to Cite

Jiistino, G. A. ., Ilham, M. M. ., & Pramesti, Y. S. . (2022). DESINGN BUILD AN EFFECTIVE AND EFFICIENT GINGER WASHING MACHINE WITH A CAPACITY OF 5 KG. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 6(2), 310–315. https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2603

Abstract

Jahe  merupakan salah satu tanaman obat tradisional mengandung gingerol yang memiliki berbagai aktivitas farmakologi, salah satunya sebagai antibakteri. Senyawa metabolit sekunder yang terkandung pada jahe merah merupakan golongan senyawa bioaktif yaitu antimikroba golongan fenol, flavonoid, terpenoid dan minyak atsiri yang dapat menghambat pertumbuhan mikroba. Pengulahan jahe kristal merupakan salah satu UMKM  yang berada di daerah Kediri. Akan tetapi, pengolahan jahe kristal yang terdapat di Kediri proses pengolahannya masih menggunakan cara manual khususnya pada proses pencucian jahe tersebut yang tentunya masih menggunakan tenaga manusia dan membutuhkan lebih dari satu orang untuk mengolah jahe tersebut. Untuk mengatsi hal tersebut, penulis  merancang alat pencuci jahe yang efektif dan efisien berkapasitas 5 kg dengan sumber pengerak utama menggunakan motor listrik. Diharapkan dari proses perancangan ini dapat membatu meringankan proses produksi jahe kristal yang berada di daerah kediri khususnya pada proses pencuciah jahe. Tabung pencuci pada alat ini mampu menampung jahe 5 kg dalam sekali prosesdan hanya membutuhkan 1 menit untuk menyelesaikan proses pencucian.

https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2603
PDF

References

Ulum, K., Paujiah, S., Pratiwi, D., Zahra, N. A., Nola, F. (2020). POTENSI JAHE MERAH (Zingiber officinale var. Rubrum) SEBAGAI ANTI BAKTERI. 17-30.

Putri, Maria K. Khasiat Dan Manfaat Jahe Merah. Semarang: ALPRIN

Aryanta, I. W. (2019). MANFAAT JAHE UNTUKKESEHATAN. E-Jurnal Widya Kesehatan ,Volume 1, Nomor ; 1, 39-43.

Askah, Wahyudi. (2021). UJI kinerja alat encuci rimpang pada berbagai kecepatan pulsator dengan menggunakan bahan jahe merah Universitas Hassanuddin Makasar.

Faisal Sahruddin, A. S. (2020). Rancang Bangun Alat Pencuci Wortel (Daucus Carota L.). Volume 6 Nomor 1 (2020), 6, 33-40.

Fadil, A. (2021). Rancang bangun pencuci biji kopi skala industri rumah tangga. Universitas Andalas Padang

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Galih Anugrah Jiistino; M. Muslimin Ilham, Yasinta Sindy Pramesti

Downloads

Download data is not yet available.