Abstract
Dalam pemilihan sebuah rangka yang baik, begitu dipelukan sebuah pertimbangan dari sifat- sifatnya diantarnya yaitu kekuatan serta fleksibel. Sifat dari kuat itu sendiri memberikan kemampuan pada chassis dalam menahan beban yang begitu berat, sifat ketangguhan memberikan ketahanan dan umur pakai pada chassis itu sendiri,metode yang digunakan adalah rancang bangun. chassis yang digunakan pada mobil listrik menggunakan jenis Leader Frame, dengan tipe besi hollow ASTM A36 dengan ukuran chassis 2100 mm dengan lebar 450 mm diharapkan dari rancang bangun chassis prototipe mobil listrik, dan hasil uji coba secara maksimal pada chassis tersebut. Hasil yang di dapat pada uji coba pembebanan dalam pengujian beban 700 N dengan jarak belakang 1197 mm dan jarak depan 662 mm mendapatkan hasil 12.962 kg. Hasil yang didapatkan pada proses pembebanan yang terjadi pada chassis mendapatkan nilai yang aman pada chassis quality pada material chassis yang sebesar MAX 81.37.
References
] Budi Prasetyo. (2012). RANCANG BANGUN RANGKA MESIN PENCACAH PLASTIK KEMASAN. Universitas Sebelas Maret.Compas.com.(2018, Februari). 5 perguruan tinggi ditugaskan membuat mobil listrik. HYPERLINK "https://regional.kompas.com/read/2018/02/23/07100161/5-perguruan-tinggi-ditugaskan-buat-mobil-listrik nasional"https://regional.kompas.com/read/2018/02/23/07100161/5-perguruan-tinggi-ditugaskan-buat-mobil-listrik-nasional .
. Ellianto, M. S. D., & Nurcahyo, Y. E. (2020). Rancang Bangun dan Simulasi Pembebanan Statik pada Sasis Mobil Hemat Energi Kategori Prototype. Jurnal Engine: Energi, Manufaktur, Dan Material, 4(2), 53–58.
. Efendi, A. (2020). RANCANG BANGUN MOBILLISTRIK SULA POLITEKNIK NEGERI SUBANG. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 17, 75-84.
] Hendrawan, M. A., Purboputro, P. I., Saputro, M. A., & Setiyadi, W. (2018). Perancangan Chassis Mobil Listrik Prototype “ Ababil ” dan Simulasi Pembebanan Statik dengan Menggunakan Solidworks Premium 2016. The 7th University Research Colloquium 2018, 96–105
. Kurniawan, B., & Wulandari, D. (2013). Rancang Bangun Sistem Suspensi Double Wishbone pada Mobil Listrik Garnesa. Jurnal Rekayasa Mesin, 1(01), 50–53.
. Marlia Adriana1), A. A. (2017). RANCANG BANGUN RANGKA (CHASSIS) MOBIL LISTRIK RODA TIGA KAPASITAS SATU ORANG. Jurnal Elemen Volume 4 Nomor 2, Desember 2017, 4, 129-133.
. Prayoga, R. R. (2021, Maret 29). Mesin Perontok Padi. From SCRIBD: https://www.scribd.com/document/500715159/BAB-11-DASAR-TEORI-2-1-Pengertian-Umum-Mesin-Perontok-Padi-2-2-Rangka-1
. Setyono, B., Noerpamoengkas, A., Hadi, S., Teknik Mesin, J., & Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, F. (2020). Desain dan Analisis Kekuatan Chassis Kendaraan Ramah Lingkungan Mobil Hybrid “Bed 18” Sumber Energi Udara Bertekanan dan Listrik. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan, 1(1), 231–238. https://ejurnal.itats.ac.id/sntekpan/article/view/1241
. Wishbone pada Mobil Listrik Garnesa. Jurnal Rekayasa Mesin, 1(01), 50–53.
Mesin, J. T. (2020). LAPORAN DESAIN KENDARAAN KONTES MOBIL HEMAT ENERGI TAHUN 2020 “ JAYABAYA PROTOTYPE ” Oleh : Tim Jayabaya.
] Saifuddin A. Jalil, Z. T. (2017) ANALISIS KEKUATAN IMPAK PADA PENYAMBUNGAN PENGELASAN SMAW MATERIAL ASSAB 705 DENGAN VARIASI ARUS PENGELASAN. JURNAL POLIMESIN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2023 Amario Aldo Safaat Alamin, Yasinta Sindy Pramesti, Arif Sugianto