Desain Furnace Berbasis Microcontroller dengan Kapasitas 7000 Watt yang Efektif Dan Efisien
pdf

Keywords

Heat Treatment
Temperature
Mikrokontroler

How to Cite

Wardhana, A. I. ., Akbar, A. ., & Pramesti, Y. S. . (2020). Desain Furnace Berbasis Microcontroller dengan Kapasitas 7000 Watt yang Efektif Dan Efisien. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(3), 255–260. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i3.96

Abstract

Heat treatment adalah proses perlakuan sifat logam dengan cara dipanaskan, hampir semua zat yang terkandung dalam logam akan memuai bila  dipanaskan  dan akan menyusut bila didinginkan, logam adalah salah satu zat padat yang pemanfaatannya dan dalam proses pembentukannya  adalah dengan proses pemanasan, pada saat logam diaplikasikan dalam suatu pekerjaan dan apabila logam dikerjakan dengan proses pemanasan tanpa disadari, struktur  dari  logam  tersebut  akan  berubah.  Tujuan  dari  rancang  bangun   mesin  furnace  ini  adalah  untuk mempermudah melakukan penelitin tentang sifat mekanis logam dengan melakukan proses heat treatment dengan maksimal dan dengan tingkat akurasi kontrol suhu yang tinggi, dimana suatu hasil atau kualitas material saat di heat treatment tergantung pada akurasi  tersebut, jadi mesin yang dibuat ini dirancang dengan suhu konstan sehingga dapat  menghasilkan  data  yang  akurat.  Pada  hasil  pengujian  menunjukkan  bahwa  mesin  mampu  bekerja  hingga temperatur maximal 1000 ˚C, kecepatan untuk pencapaian suhu 1000 ˚C selama 3060 detik (51 menit) dan rata-rata kenaikan suhu per 1 ˚C adalah 1 detik, dan saat pengujian suhu di tahan pada temperatur  900 ˚C, keadaan temperatur dalam tungku furnace tetap konstan dalam suhu 900 ˚C.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i3.96
pdf

References

Suprastiyo, H. 2017. Pembuatan Mesin Furnace Berbasis Mikrokontroler. Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Rizal, A. 2016. Jurnal J-Ensitec. Pembuatan Tungku Pemanas (Muffle Furnace) Kapasitas 1200 C, 1.

Huda, S. N. 2011. Rancang Bangun Sistem Pengendali Temperatur Furnace Dengan Menggunakan Sensor Termokopel Tipe-K Berbasis Mikrokontroler Atmega 16 . Jakarta: Universitas Indonesia.

Rahmat, M. R. 2015. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin. Perancangan Dan Pembuatan Tungku Heat Treatment, 1-9.

Downloads

Download data is not yet available.