RANCANG BANGUN MESIN PEMARUT JAHE KAPASITAS 5KG
PDF

Keywords

Jahe merah
pemarut
Pengkristalan jahe

How to Cite

Handika, L. E. ., Ilham, m, & Pramesti, Y. S. . (2022). RANCANG BANGUN MESIN PEMARUT JAHE KAPASITAS 5KG. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 6(2), 316–321. https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2604

Abstract

Jahe merupakan salah satu komunitas pertanian yang banyak ditanam di indonesia selain itu jahe merupakan tanaman obat berupa tumbuhan semu. Jahe berasal dari asia pasifikyang tersebar di india sampai cina, dan bangsa tersebut yang pertama kali memanfaatkan jahe sebagai tanaman sebagai bahan obat-obatan tradisional, minuman, bumbu masakan, dalam pelaku usaha beberapa kali mengembangakan olahan dari jahe Pengkristalan jahe merupakan salah satu unit UMKM yang berada di wilayah Bensowo Kediri. Proses pembuatan kristalisasi jahe pada pemarut sekarang umumnya di UMKM menggunkan mesin, tapi belum efisien. Di UMKM biasanya menggunkan jasa luar untuk menggiling/memarut jahe. Oleh karena itu kami akan merancang alat pemarut jahe yang digerakkan oleh motor listrik dan terdapat pendorong tentunya juga bisa sedikit praktis jika digunakan, dan menghemat biaya produksi alat. dengan adanya alat ini harapan kami bisa sedikit membantu para pelaku usaha jahe kususnya dalam proses pemarutan. Alat pemarut  jahe ini berkapasitas 5 kg dan bisa lebih, dengan rangka yang kokoh dan bahan stainless steel dengan digerakkan oleh motor listrik, dalam proses pemarutan memerlukan waktu sekitar 15-30 menit tergantung banyaknya jahe.

https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2604
PDF

References

Sutrisno, k., Purba, M., Sulistyorini, D., Aini, A. N., Latifa, Y. K., & Yunita, N, A. (2017). Produksi Pangan Untuk Industri Rumah Tangga: Minuman Serbuk Jahe Instan. Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Eunika ID & Pricila G, D. R. (2015). Pengolahan Minuman Serbuk Jahe Di Cv. Intrafood. Laporan Praktek Kerja Industri Pengolahan Pangan, (Program Studi Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya).

Yulianto, M.E., Handayani, D., Puspitarini, A.S., Nugraheni, F.S. and Yanti, N.R., 2018. Pembuatan Serbuk Jahe Instan Dengan Metode Kristalisasi Guna Meningkatkan Perekonomian Warga RW. 05 Kelurahan Tembalang, Semarang. SNKPP, 1(1), pp.44-46.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Lingga Eka Handika; m Ilham, Yasinta Sindy Pramesti

Downloads

Download data is not yet available.