Investigasi Pengaruh-pengaruh Hasil Produk Pirolisis Plastik Pet Menggunakan Metode Matlab terhadap Kerja Mesin
PDF

Keywords

Matlab
Plastik PET
Premium
Pertalite
Pirolisis

How to Cite

Arditama, T. ., Nuryosuwito, N., & Setyowidodo, I. . (2020). Investigasi Pengaruh-pengaruh Hasil Produk Pirolisis Plastik Pet Menggunakan Metode Matlab terhadap Kerja Mesin. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(1), 302–308. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i1.214

Abstract

Limbah botol plastik berbahan PET (Polyethylene Terephthalate) merupakan permasalahan global yang sampai saat ini masih dilakukan penyempurnaan dalam pengolahan dan pengelolaannya. Beberapa Negara sudah melakukan penelitian baik dari segi pengelolaan hingga pemanfaatannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk investigasi produk hasil pirolisis jenis plastic PET dengan bahan bakar Pertalite dan Premium terhadap kinerja mesin. Selain itu juga menghitung konsumsi bahan bakar, torsi dan daya terhadap mesin yang di ujikan. Metode Penelitian yang digunakan yaitu Program Matlab untuk analisis uji kinematic viscosity, flash point, densitas, dan specific gravity. hasil analisis nanti kita dapat melihat grafik perbandingan hasil pirolisis dengan bahan bahan bakar untuk kinerja mesin. Dengan analisis ini mengetahui perbandingan nilai kangdungan hasil pirolisis dengan bahan bakar Pertalite dan Premium, memiliki nilai oktan (RON) hasil pirolisis plastic PET sebesar 97,9 sedangkan Pertalite 90 dan Premium 88. Bahan bakar yang mempunyai nilai oktan yang tinggi menyebabkan proses pembakaran semakin baik. Nilai oktan suatu bahan bakar yang tinggi menyebabkan proses pembakaran lebih sempurna sehingga energi hasil pembakaran dapat dimanfaatkan secara maksimal. Nilai oktan dan rasio kompresi yang bagus akan menghasilkan pembakaran yang sepurna pada kendaraan dan dengan konsumsi bahan bakar yang efisien, kinerja mesin akan maxsimal.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i1.214
PDF

References

W. W. Mandala, M. S. Cahyono, S. Ma’arif, H. Sukarjo, and W. Wardoyo, “Pengaruh Suhu terhadap Rendemen dan Nilai Kalor Minyak Hasil Pirolisis Sampah Plastik,” J. Mek. dan Sist. Termal, vol. 1, no. 2, pp. 49–52, 2016.

I. Okatama, “Analisa Peleburan Limbah Plastik Jenis Polyethylene,” J. Tek. Mesin, vol. 05, no. 3, pp. 109–113, 2016.

S. U. dan Ismanto, “Jurnal Mekanika dan Sistem Termal (JMST),” Syamsiro J. Mek. dan Sist. Termal, vol. 1, no. 1, pp. 7–13, 2016.

P. Purwaningrum, “Upaya Mengurangi Timbulan Sampah Plastik Di Lingkungan,” Indones. J. Urban Environ. Technol., vol. 8, no. 2, p. 141, 2016, doi: 10.25105/urbanenvirotech.v8i2.1421.

Uny-, “program Matlab,” vol. 2, pp. 765–770, 1970.

S. Wahjudi, “Analisis Pencampuran Bahan Bakar Premium - Pertamax Terhadap Kinerja Mesin Konvensional,” vol. III, no. 2, pp. 1–5, 2017.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Tegar Arditama, Nuryosuwito Nuryosuwito, Irwan Setyowidodo

Downloads

Download data is not yet available.