Analisa Karakteristik Bahan Bakar Pirolisis Jenis Plastik PET dan LDPE Menggunakan Program Ansys Fluent
PDF

Keywords

Ansys Fluent
Sampah Plastik PET
LDPE
Pirolisis

How to Cite

Buwono, M. N. ., Nuryosuwito, N., & Setyowidodo, I. . (2020). Analisa Karakteristik Bahan Bakar Pirolisis Jenis Plastik PET dan LDPE Menggunakan Program Ansys Fluent. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(1), 147–152. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i1.187

Abstract

Berbagai macam alasan mendukung diciptakannya plastik, dikarenaka plastik menjadi salah satu bagian yang tak bisa terpisahkan dari peradapan manusia modern,karena murah,tahan lama, dan praktis.

Semua jenis plastic terutama PET dan LDPE khususnya, Plastik yang awalnya adalah bahan substitusi untuk menyelamatkan lingkungan,Namun kini berubah menjadi polutan, Ternyata dampak negatif dari plastik ini  bagi lingkungan sangatlah mengerikan dan cukup serius karena bisa menyebabkan kepunahan beberapa spesies makhluk hidup ratusan kali lipat lebih cepat dari proses alaminya Artikel ini membahas cairan hasil pirolisis yang dihasilkan daripada plastik jenis PET dan LDPE sebagai penerus kemungkinan masa depan untuk bahan bakar fosil. Studi ini terletak pada diskusi komprehensif tentang karakteristik bahan bakar dari berbagai cairan pirolisis dari plastic jenis PET dan LDPE Metode yang digunakan Program Ansys Fluent adalah analisis uji kinematic viscosity, flash point, gas chromatografi, densitas, specific gravity.Tujuan utama penulisan artikel ini untuk mengetahui kandungan zat kimia yang terkandung didalam hasil pirolisis dari plastic PET dan LDPE apakah layak apabila digunakan sebagai alternatif pengganti bahan bakar fosil.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i1.187
PDF

References

D. Iswadi, F. Nurisa, and E. Liastuti, “Pemanfaatan sampah plastik LDPE dan PET menjadi bahan bakar minyak dengan proses pirolisis,” J. Ilm. Tek. Kim. UNPAM, vol. 1, no. 2, pp. 1–9, 2017, [Online]. Available: openjournal.unpam.ac.id/index.php/JITK/article/download/718/585.

S. Shahidan, N. A. Ranle, S. S. M. Zuki, F. S. Khalid, A. R. M. Ridzuan, and F. M. Nazri, “Concrete incorporated with optimum percentages of recycled polyethylene terephthalate (PET) bottle fiber,” Int. J. Integr. Eng., vol. 10, no. 1, pp. 1–8, 2018, doi: 10.30880/ijie.2018.10.01.001.

F. Rhohman, M. Pd, I. Nuryosuwito, and M. Eng, “PYROLISIS JENIS PLASTIK PET DAN PP Oleh : HENDRI DWI WICAKSONO Dibimbing oleh : SURAT PERNYATAAN ARTIKEL SKRIPSI TAHUN 2018,” 2018.

C. Miller, “Polyethylene terephthalate,” Waste Age, vol. 33, no. 5, p. 104, 2002.

A. Street, “Dasar simulasi kunci spanner mengunakan ansys 14.0,” pp. 1–29, 2015.

“No Title,” 2016.

R. Rafli, H. B. Fajri, A. Jamaludhin, M. Azizi, H. Riswanto, and M. Syamsiro, “Penerapan teknologi pirolisis untuk konversi limbah plastik menjadi bahan bakar minyak di Kabupaten Bantul,” J. Mek. dan Sist. Termal, vol. 2, no. April, pp. 1–5, 2017, [Online]. Available: http://e-journal.janabadra.ac.id/index.php/JMST/article/view/339.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Moh. Nurcahyo Buwono, Nuryosuwito Nuryosuwito, Irwan Setyowidodo

Downloads

Download data is not yet available.