Desain UI/UX E-Commerce Menggunakan Aplikasi Figma
PDF

Keywords

Design Thinking
E-Commerce
Figma

How to Cite

Pranata, D. A. (2024). Desain UI/UX E-Commerce Menggunakan Aplikasi Figma. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 8(1), 413–422. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/4959

Abstract

Fisha Bibit merupakan UMKM yang menjual bibit, benih, kompos tanaman. Pemasaran dan penjualan menggunakan media website dan marketplace facebook kurang optimal. Media promosi yang dapat digunakan oleh UMKM dalam melakukan pemasaran dan penjualan menggunakan aplikasi E- Commerce. Sebelum membuat aplikasi yang akan membantu operasi bisnis, diperlukan versi awal, yaitu prototype UI/UX. Dalam pembuatan prototype akan menggunakan pendekatan design thinking dengan bantuan aplikasi figma. Pada tahap pengujian aplikasi menggunakan daftar kuesioner SUS. Diperoleh hasil pengujian menggunakan teknik pengujian system usability scale yaitu aceeptability rages dengan kategori acceptable, grade scale dengan nilai A, dan adjective rating dengan kategori excellent.

PDF

References

A. Mulyadi, D. Eka, and W. Nailis, “PENGARUH KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO ONLINE LAZADA,” JEMBATAN, vol. 15, no. 2, pp. 87–94, Dec. 2018, doi: 10.29259/jmbt.v15i2.6656.

D. Purnomo, “Model Prototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi,” J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, vol. 2, no. 2, Aug. 2017, doi: 10.37438/jimp.v2i2.67.

E. W. Fridayanthie, H. Haryanto, and T. Tsabitah, “Penerapan Metode Prototype Pada Perancangan Sistem Informasi Penggajian Karyawan (Persis Gawan) Berbasis Web,” Paradigma - Jurnal Komputer dan Informatika, vol. 23, no. 2, Sep. 2021, doi: 10.31294/p.v23i2.10998.

M. I. Luthfi and N. D. Septiyanti, “Design Thinking untuk Analisis Masalah Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia,” Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, vol. 3, no. 2, pp. 193–204, May 2023, doi: 10.51454/decode.v3i2.146.

D. Haryuda, M. Asfi, and R. Fahrudin, “Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company,” Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, vol. 8, no. 1, pp. 111–117, Dec. 2021, doi: 10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.730.

G. Karnawan, “IMPLEMENTASI USER EXPERIENCE MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING PADA PROTOTYPE APLIKASI CLEANSTIC,” Jurnal Teknoinfo, vol. 15, no. 1, p. 61, Jan. 2021, doi: 10.33365/jti.v15i1.540.

S. Soedewi, “PENERAPAN METODE DESIGN THINKING PADA PERANCANGAN

WEBSITE UMKM KIRIHUCI,” Visualita Jurnal Online Desain Komunikasi Visual, vol. 10, no. 02, p. 17, Apr. 2022, doi: 10.34010/visualita.v10i02.5378.

D. A. Rusanty, H. Tolle, and L. Fanani, “Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Lelenesia (Marketplace Penjualan Lele) Menggunakan Metode Design Thinking,” 2019. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

A. W. Soejono, A. Setyanto, and A. F. Sofyan, “Evaluasi Usability Website UNRIYO Menggunakan System Usability Scale (Studi Kasus: Website UNRIYO),” Respati, vol. 13, no. 1, Mar. 2018, doi: 10.35842/jtir.v13i1.213.

U. Ependi, T. B. Kurniawan, and F. Panjaitan, “SYSTEM USABILITY SCALE VS HEURISTIC EVALUATION: A REVIEW,” Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, vol. 10, no. 1, pp. 65–74, Apr. 2019, doi: 10.24176/simet.v10i1.2725.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2024 Dava Adistyan Pranata

Downloads

Download data is not yet available.