Implementasi Sistem Informasi Tugas Akhir Menggunakan Metode Classic Life Cycle
PDF

Keywords

Pengembangan Sistem Informasi
Manajemen Tugas akhir
Skripsi

How to Cite

Dharmawan, M. A. ., Indriati, R. ., & Sucipto, S. (2021). Implementasi Sistem Informasi Tugas Akhir Menggunakan Metode Classic Life Cycle. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 3(1), 151–154. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/529

Abstract

Dalam  dunia  teknologi  internet  sangatlah  diperlukan  dalam  menyampaikan  informasi..  Internet  sudah banyak diaplikasikan dalam berbagai bidang, salah satunya dalam bidang pendidikan seperti Universitas. Dukungan sistem informasi dalam peningkatan mutu pelayanan akademik yang terdiri dari banyaknya proses diantaranya perencanaan perkuliahan hingga proses akhir seperti halnya bimbingan skripsi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah sistem yang belum mengaplikasikan proses pengajuan judul skripsi, mahasiswa harus menyerahkan berkas pengajuan judul untuk mendapatkan persetujuan dari dosen pembimbing. Hal ini yang mengakibatkan sistem menjadi kurang efektis sehingga perlu dikembangkan dalam bentuk aplikasi . Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah pengembangan metode classic life cycle, dengan 4 tahapan diantaranya analisa sistem, desain, implementasi, dan pengujian. Pada penelitian ini menggunakan pengujian blackbox, hasil dari  penelitian ini adalah sebuah sistem yang dapat digunakan sebagai salah satu media untuk membantu mahasiswa dalam proses pengajuan judul skripsi kapan dan dimana saja secara online selama masih didukung dengan jaringan internet. Berdasarkan kesimpulan yang sudah dikemukakan dengan melakukan perbaikan pada tampilan agar responsive ketika aplikasi ini di akses melalui smartphone atau media yang lebih kecil dari laptop ataupun pc agar bisa menyesuaikan sesuai ukuran media yang digunakan .

PDF

References

E. Sasongko Muhammad Zuhdi, Sucipto, “Perencanaan Sistem Manajemen Evaluasi Belajar Mahasiswa Berbasis Elearning Dengan Pendekatan Berorientasi Objek,” vol. XIII, pp. 10–19, 2018.

B. R. S. Frederick Constantianus, “Analisa dan Desain Sistem Bimbingan Tugas Akhir Berbasis Web dengan Studi Kasus Fakultas Teknologi Informasi,” J. Teknol. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 93–105, 2005.

Andri and T. Sutrisno, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pengajuan Judul Tugas Akhir dan Skripsi Berbasis Web Service,” Semantik, vol. 3, no. 1, pp. 9–12, 2013.

Eril syahmaidi andi prayetno, karmila suryani, “Perancangan Sistem Informasi Pengajuan Judul Skripsi Berbasis Web Mahasiswa PTIK Universitas Bung Hatta,” 2011.

E. Kurniadi, “Sistem Informasi Skripsi dan Tugas Akhir Pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Kuningan,” 2013.

I. Adikusuma, G. Primasetya, and A. T. Sutrisno, “Aplikasi Pengajuan Judul Skripsi Mahasiswa Jurusan Ilmu Komputer Universitas Pakuan Berbasis Web Indra Adikusuma 1) , Gilang Primasetya 2) , Andri Tri Sutrisno 2),” 2013.

G. Primasetya, “Aplikasi Pengajuan Skripsi Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi Universitas Gunadarma Berbasis Android,” 2010

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Muhammad Andhika Dharmawan, Rini Indriati, Sucipto Sucipto

Downloads

Download data is not yet available.