Sistem Rekomendasi Jenis Makanan Disabilitas
PDF

Keywords

Disabilitas
Sistem pendukung keputusan
TOPSIS

How to Cite

Windarti, W., Firliana, R., & Indriati, R. . (2020). Sistem Rekomendasi Jenis Makanan Disabilitas. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(2), 66–72. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i2.122

Abstract

Penderita disabilitas masih banyak yang tidak memahami makanan apasaja yang tepat untuk dikonsumsi. Ketidakpahaman dalam pemilihan makanan yang tepat sangat mempengaruhi kesehatan pada tubuh seseorang. Banyak makanan yang memiliki kandungan gizi yang baik dapat dikonsusmi, akan tetapi diperlukan gizi atau makanan yang tepat. Untuk membantu penderita disabilitas maka dibutukan sebuah sistem pendukung keputusan yang diharapkan dapat memberi kemudahan untuk membantu dalam menentukan makanan yang tepat dikonsumsi, dengan cara memunculkan rekomendasi yang akurat dan sistematis. Untuk itu, penelitian ini mengusulkan dibangunnya sebuah sistem untuk merekomendasikan makanan Disabilitas. Dengan  mempertimbangkan kebutuhan  jenis makanan  agar kebutuhan gizi disabelitas terpenuhi, penelitian ini menggunakan metode technique  for  order  preference by  similarity  to  ideal  solution  (TOPSIS). Tahapan  yang  dilakukan dalam penelitian  ini  adalah  pengumpulan  data,  analisa  penerapan  metode,  implementasi,  dan  pengujian.  Menentukan kriteria antara lain protein, karbohidrat, lemak, vitamin, kalium dan  mengambil beberapa alternative. Dalam penelitian ini, menghasilkan pilihan terbaik dalam memberikan rekomendasi makanan yang tepat untuk disabilitas yaitu menggunakan alternative kacang kedelai dengan nilai perangkingan 1.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i2.122
PDF

References

E. Ridhawati and L. Julianti, “Pemilihan Makanan Pendamping ASI Pada Batita Dengan Menerapkan Metode TOPSIS,” SIMADA (Jurnal Sist. Inf. Manaj. Basis Data), vol. 1, no. 1, p. 31, 2018, doi: 10.30873/simada.v1i1.1112.

Y. Astuti and I. R. Wulandari, “Komparasi Metode Ahp, Topsis Dan Ahp-Topsis Untuk Pemilihan Bahan Makanan Pokok Pada Penderita Obesitas,” Sistemasi, vol. 8, no. 3, p. 491, 2019, doi: 10.32520/stmsi.v8i3.559.

A. Shinta, “Pola Konsumsi Pangan Penyandang Disabilitas di Kota Malang,” Indones. Jounal Disabil. Stud., pp. 38–43, 2014.

Marsono, A. F. Boy, and W. Dari, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Menu Makanan pada Penderita Obesitas dengan menggunakan Metode Topsis,” J. Ilm. SAINTIKOM, vol. 14, no. 3, pp. 197–210, 2015, [Online]. Available: https://lppm.trigunadharma.ac.id/public/fileJurnal/hpBT5 Marsono_draf jurnal penelitian mandiri ii topsis marsono.pdf.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta, 2017.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 PROSIDING SEMINAR NASIONAL INOVASI TEKNOLOGI

Downloads

Download data is not yet available.