Arsitektur Manajemen Bandwidth Menggunakan Metode Queue Tree
PDF

Keywords

Bandwidth
Mikrotik
QoS
Queue Tree

How to Cite

Nadhif, M. F. ., Indriati, R. ., & Sucipto, S. (2021). Arsitektur Manajemen Bandwidth Menggunakan Metode Queue Tree. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 3(1), 145–150. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/528

Abstract

Jaringan  Komputer  dapat  diartikan  sebagai  dua  atau  lebih  komputer  yang  dihubungkan  dengan menggunakan  sebuah  sistem  komunikasi.  Latar  belakang  penelitian  ini  oleh,  jaringan  komputer  yang  belum menggunakan router mikrotik secara maksimal untuk manajemen bandwidth jaringan lokal menjadi tidak terkontrol yang menyebabkan pembagian bandwidth tidak merata dan tidak stabil. Untuk mengatasi tidak tekontrol dan tidak stabilnya jaringan maka perlu dilakukan manajemen bandwidth. Manajemen bandwidth dilakukan menggunakan router mikrotik. Metode yang digunakan untuk membagi bandwidth menggunakan Queue Tree. Dengan membatasi bandwidth untuk setiap client yang sedang aktif internet dengan aktifitas streaming, browsing, upload dan download. Untuk mengukur  performasi  jaringan  komputer  sesudah  menggunakan  Queue tree  akan  di  ukur  dengan  parameter  QoS (Quality of Service) mengacu ke tingkat kecepatan dan keandalan penyampaian berbagai jenis beban data dala suatu komunikasi, secara teknis yaitu Delay, Throughput, Jitter, dan Packet Loss. Kesimpulan dari penelitian ini manajemen bandwidth dengan metode queue tree ini dapat membantu admin dalam membagi bandwidth agar jaringan komputer menjadi rata dan stabil. Pengembangan hasil penelitian direkomendasikan untuk melakukan kontrol dan pengawasan agar bandwidth sesuai dengan dengan kebutuhan.

PDF

References

Sutarman, Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

E. S. Dewo, “Bandwidth dan Throughput,” pp.1–3, 2003.

B. Hermawan, “Perancangan Jaringan Hotspot Server Berbasis Mikrotik Di Gedung Kuliah Universitas Abulyatama,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, pp. 1689–1699, 2013.

N. F. Puspitasari, “Implementasi Mikrotik Sebagai Solusi Router Murah Dan Mudah,” Semin. Nas. Teknol. (SNT 2007), vol. 2007, no. November, pp. D1–D14, 2007.

R. Towidjojo, Mikrotik Kung Fu : Kitab 3 Kitab Manajemen Bandwidth. Jakarta: Jasakom, 2014.

Athailah, Panduan Singkat Menguasai Router Mikrotik Untuk Pemula. Jakarta: MediaKita, 2013.

M. S. Pagala, “Optimalisasi Manajemen Bandwidth Jaringan Komputer Menggunakan Metode Queue Tree Dan Pcq (Peer Connection Queue),” 2017.

R. Indriati and S. B. Persada, “Information Retrieval Pencarian Informasi Jenis Musik,” pp. 305–310, 2018.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Muhammad Fikrun Nadhif, Rini Indriati, Sucipto Sucipto

Downloads

Download data is not yet available.