Analisa Perbandingan Variasi Gear Pada Sepeda Motor GL 200 Terhadap Kecepatan
PDF

Keywords

Sistem Informasi Administrasi Puskesmas
Metode Waterfall

How to Cite

Tirtana, B. W. ., Rhohman, F. ., & Ilham, M. M. . (2020). Analisa Perbandingan Variasi Gear Pada Sepeda Motor GL 200 Terhadap Kecepatan. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 2(1), 225–230. https://doi.org/10.29407/inotek.v2i1.487

Abstract

Ragam cara yang bisa dilakukan demi untuk mendongkrak performa mesin mulai dari oprek mesin (bore up maupun stroke up), kelistrikan sampai mekanik. Perbedaan daya maupun torsi atau performa mesin secara signifikan pada penggantian variasi final drive dengan rasio tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh variasi gear ratio dan putaran mesin terhadap torsi pada Sepeda Motor GL200 (2) variasi gear ratio dan putaran mesin terhadap daya pada Sepeda Motor GL200 dan (3) Gear ratio yang mampu menghasilkan kecepatan (km/jam) tertinggi. Desain penelitian menggunakan eksperimen dengan analisa Data menggunakan analisis varian (Anova) dan bantuan software miniTAB17. Hasil penelitian menunjukkan torsi tertinggi pada gear ratio 14/38 dengan putaran mesin 7000 rpm sebesar 1,46 kgf.m. hasil pengujian yang mampu menghasilkan daya tertinggi pada gear ratio 14/38 dengan putaran mesin 8000 rpm sebesar 15,7615 Hp.Gear ratio yang mampu menghasilkan kecepatan tertinggi ada pada gear ratio 14/38 dengan putaran mesin konstan 8000 rpm sebesar 133.3 km/jam. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan rasio gear dan putaran mesin berpengaruh secara signifikan terhadap torsi dan daya dengan hasil P-value< 0.05 serta gear ratio 14/38 mampu menghasilkkan kecepatan yang maksimal.

https://doi.org/10.29407/inotek.v2i1.487
PDF

References

Alexandra, D. 2015. Pengaruh penggantian variasi rasio final drive terhadap daya dan torsi pada sepeda motor Yamaha Jupiter Z, Library.UM, (Online), tersedia: http://library.um.ac.id, diunduh 4 Februari 2016.

Basselo, D. Tangkuman,S., Rembet, M. 2014. Optimasi Diameter Poros Terhadap Diameter Sprocket Pada Roda Belakang Sepeda Motor (Volume 3, Nomor 1, Hal 42). Jurnal Jurusan Teknik Mesin.

Jama, Jalius dkk. 2008. Teknik Sepeda Motor. Jilid 1. Jakarta. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Muhamad Efendi Pristanto. 2016. Analisis Pengaruh Rasio Final Drive Terhadap Daya dan Torsi Pada Sepeda Motor Yamaha Vixion 2007, Teknik Mesin, Fakultas Teknik UN PGRI Kediri.

Andyyonatan. 2012. Menghitung Torsi dan Daya Mesin. (online). tersedia: http://andyyonatan.blogspot.co.id/2012/06/menghitung-torsi-dan-daya-mesin.html?m=1, diunduh 10 Oktober 2016.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Belandy Wimala Tirtana, Fatkur Rhohman, M. Muslimin Ilham

Downloads

Download data is not yet available.