Pengaruh Variasi Arus dan Bentuk Kampuh Pada Pengelasan Smaw Terhadap Kekuatan Tarik Sambungan Las Baja Paduan Rendah
PDF

Keywords

kekuatan tarik
kampuh
las smaw
elektroda e6013

How to Cite

Indrayono, F. R. ., Rhohman, F. ., & Ilham, M. M. (2020). Pengaruh Variasi Arus dan Bentuk Kampuh Pada Pengelasan Smaw Terhadap Kekuatan Tarik Sambungan Las Baja Paduan Rendah. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 2(1), 219–224. https://doi.org/10.29407/inotek.v2i1.486

Abstract

Teknologi pengelasan memegang peranan penting dalam proses penyambungan, dan hal ini tidak terlepas dari jenis sambungan dan arus listrik yang berperan penting dalam proses penyambungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bentuk sambungan dan variasi arus pengelasan SMAW terhadap kekuatan tarik sambungan kampuh u,v dan x pada baja paduan rendah. Metode dalam penelitian ini menggunakan pengolahan data hasil analisis varians (ANAVA). Dari hasil penelitian pengujian pada arus 80, 100 dan 130 ampere dengan menggunakan kampuh v menghasilkan nilai kekuatan tarik 33,3 kgf/m, pada kampuh u menghasilkan nilai kekuatan tarik 34,5 kgf/m, dan pada kampuh x menghasilkan nilai kekuatan tarik 36,41 kgf/m. Dari hal ini dapat diketahui bahwa sambungan kampuh x lebih kuat dari sambungan kampuh v dan u. Hasil uji ANAVA untuk faktor (A) ada pengaruh kampuh terhadap kekuatan tarik. Untuk faktor (B) tidak ada pengaruh arus pengelasan terhadap kekuatan tarik.

https://doi.org/10.29407/inotek.v2i1.486
PDF

References

Alip, Muhammad.1989. Teori dan Praktik Las. Jakarta: Proyek pengembangan lembaga pendidikan tenaga kependidikan Jakarta

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Montgomery, D.C. 2009. Design and Analisys of Experiment 7th ed. John Wiley & Sons, Inc.

Nurhidayat, Achmad. 2012. Pengaruh Metode Pendinginan pada Perlakuan Panas Pasca Pengelasan terhadap Karakteristik Sambungan Las Logam Berbeda antara Baja Karbon Rendah ASTM A36 dengan Baja Tahan Karat Austenitik AISI 304. POLITEKNOSAINS. Vol. 11 No. 1. Universitas Surakarta.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Faruq Roziqi Indrayono, Fatkur Rhohman, Mohammad Muslimin Ilham

Downloads

Download data is not yet available.