Pengembangan Sistem Administrasi Puskesmas Kras Kediri
PDF

Keywords

Sistem Informasi Administrasi Puskesmas
Metode Waterfall

How to Cite

Syahputra, F. R. ., Daniati, E. ., & Indriati, R. . (2020). Pengembangan Sistem Administrasi Puskesmas Kras Kediri. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 2(1), 045–050. https://doi.org/10.29407/inotek.v2i1.454

Abstract

Sistem informasi adalah kombinasi dari tekhnologi informasi dan aktifitas orang yang menggunakan teknologi untuk mendukung operasi dan manajemen. dalam suatu kegiatan administrasi suatu organisasi perusahaan atau instansi yang mempunyai pengaruh besar sekali terhadap sukses tidaknya suatu organisasi perusahaan atau instansi, artinya suatu sistem administrasi dapat menentukan tingkat efisiensi dan efektifitas suatu organisasi perusahaan atau instansi. Oleh karena itu, komputer mempunyai andil yang besar dalam suatu proses kegiatan instansi. Berdasarkan hal tersebut berbagai instansi terus diupayakan untuk meningkatkan sumber daya manusia secara sistematis dan terarah agar mampu mengimbangi sekaligus menguasai teknologi masa kini dan masa yang akan datang. Instansi seperti puskesmas contohnya. Setiap harinya puskesmas selalu menerima pasien dan terdapat proses registrasi sebelum penerimaan pasien. Proses registrasi tersebut meliputi pencatatan data pasien dan riwayat penyakit yang dialami pasien. Dari uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa puskesmas desa membutuhkan suatu sistem informasi yang sistematis dan terkomputerisasi sehingga pelayanan terhadap pasien dapat menjadi lebih efektif dan efisien. Sistem informasi pada puskesmas ini dirancang menggunakan metode waterfall, metode waterfall adalah suatu proses pengembangan perangkat lunak berurutan, dimana kemajuan dipandang sebagai terus mengaliur kebawah (seperti air hujan) melewati fase-fase perencanaan, pemodelan, implementasi (konstruksi).

https://doi.org/10.29407/inotek.v2i1.454
PDF

References

Endodiputro, S. (2007). Rekamedis Dan Sistem Informasi Kesehatan Di Pelayanan Kesehatan Primer (Puskesmas).

Hidayat, M. L. (2007). Reformasi Administrasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Jagiyanto. (2005). analisa dan desain sistem informasi.

kadir, abdul. (2003). Pengenalan Sistem Informasi. Andi.

Lubis, adyanata. (2016). Basis Data Dasar (untuk mahasiswa ilmu komputer). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Maniah dan hamudin, dini. (2017). Analisis dan perancangan sistem informasi pembahasan secara praktis dengan contoh kasus. Yogyakarta: CV Budi Utama.

MLS, A. Z. (2005). Manajemen Sistem Informasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mulyani, S. (2016). Sistem informasi manajemen rumah sakit : Analisis dan Perancangan. Jalan Kawulyaan Indah no.1 64 Bandung: Abdi Sistematika.

Prawira, Y. (n.d.). Sistem Informasi Administrasi Pada Puskesmas Saboking king Palembang.

Pujianto. (2007). 50 Trik Prmrograman Delphi 8.0. Jakarta: PT Elek Media Komputindo Kelompok Gramedia, Anggota IKAPI.

Solicin, ahmad. (2016). Pemrograman Web Dengan PHP Dan MySQL. Jakarta: Universitas Budi Luhur.

WK Nurjaya, W. (2009). Perancangan Sistem Informasi Klinik Gigi.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Firdita Rizky Syahputra, Erna Daniati, Rini Indriati

Downloads

Download data is not yet available.