Perancangan Game Edukasi Waktu Dan Durasi Untuk Siswa Kelas 2 SD
PDF

Keywords

Game Edukasi
Matematika
Waktu dan Durasi

How to Cite

Habib, M. ., Widodo, D. W. ., & Saputra , M. A. . (2023). Perancangan Game Edukasi Waktu Dan Durasi Untuk Siswa Kelas 2 SD. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 7(3), 1045–1052. https://doi.org/10.29407/inotek.v7i3.3535

Abstract

Game edukasi ini ditujukan untuk siswa kelas 2 SD. Pada game edukasi ini terdapat materi dan kuis mengenai materi waktu dan durasi. Genre pada game edukasi ini adalah trivia. Dalam merancang game edukasi, peneliti menggunakan metode waterfall sehingga diperlukan analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, uji coba sistem, dan perbaikan apabila ada kesalahan sistem. Software yang digunakan untuk merancang game edukasi ini adalah Construct 2. Hasil dari perancangan game edukasi waktu dan durasi adalah game berhasil dirancang dan bisa berjalan dengan baik.

https://doi.org/10.29407/inotek.v7i3.3535
PDF

References

Y. Efendi, “Rancangan Aplikasi Game Edukasi Berbasis Mobile Menggunakan App Inventor,” J. Intra Tech, vol. 2, no. 1, pp. 39–48, 2018.

S. R. Rizal Dwi Saputro, Patmi Kasih, “Pengujian Black Box dan Kuesioner Pada Game Gems Advanture,” Rizal Dwi Saputro1, Patmi Kasih2, Siti Rochana3 1,2,3Teknik, pp. 47–52, 2022.

M. Rifai, I. N. Farida, and D. W. Widodo, “Mathematics Education Games For Children Class 4 Using the Finite State Machine Method,” Kediri, 2019.

R. I. Borman and I. Erma, “Pengembangan Game Edukasi Untuk Anak Taman Kanak-Kanak (Tk) Dengan Implementasi Model Pembelajaran Visualitation Auditory Kinestethic (Vak),” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 3, no. 1, pp. 8–16, 2018, doi: 10.29100/jipi.v3i1.586.

S. L. Rahayu and F. Fujiati, “Penerapan Game Design Document dalam Perancangan Game Edukasi yang Interaktif untuk Menarik Minat Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 3, p. 341, 2018, doi: 10.25126/jtiik.201853694.

A. Nur Hamzah and D. Wahyu Widodo, “Game Edukasi Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung dengan Metode Naïve Bayes,” pp. 7–14, 2021.

R. Windawati and H. D. Koeswanti, “Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android untuk Meningkatkan hassil Belajar Siswa di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 2, pp. 1027–1038, 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i2.835.

M. Marjuni, J. Sahertian, A. Dusea, and W. Dara, “Game Edukasi Pewayangan Pandawa Lima Menggunakan Media Aplikasi RPG (Role Playing Game) Maker Mv,” Kediri, Jul. 2021.

M. Diko, T. Handoko, D. Swanjaya, and M. Kom, “Pembuatan Game Edukasi Pengenalan Asma’ul Husna Berbasis Android,” Kediri, 2020.

S. Sintaro, “Rancang Bangun Game Edukasi Tempat Bersejarah Di Indonesia,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 1, no. 1, pp. 51–57, 2020, doi: 10.33365/jatika.v1i1.153.

D. W. Putra, A. P. Nugroho, W. Puspitarini, and K. Kunci, “GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI,” JIMP-Jurnal Inform. Merdeka Pasuruan, vol. 1, no. 1, 2016.

M. Yulianto and D. A. P. Putri, “Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Iklim dan Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar,” Emit. J. Tek. Elektro, vol. 20, no. 2, pp. 128–133, 2020, doi: 10.23917/emitor.v20i02.9088.

D. A. Amanda and A. R. Putri, “Pengembangan Game Edukasi Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Berbasis Android di SDN 1 Jepun,” JOEICT (Jurnal Educ. Inf. Commun. Technol., vol. 3, no. 2, pp. 160–168, 2019.

I. I. Purnomo, “Aplikasi Game Edukasi Lingkungan Agen P Vs Sampah Berbasis Android Mengunakan Construct 2,” Technol. J. Ilm., vol. 11, no. 2, p. 86, 2020, doi: 10.31602/tji.v11i2.2784.

B. Pane, X. Najoan, and S. Paturusi, “Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Ragam Budaya Indonesia,” J. Tek. Inform., vol. 12, no. 1, pp. 1–9, 2017, [Online]. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/17793/17317

R. Andrea, “Teknik Pengacakan Posisi Objek Permainan Match-Up ‘Find Me! – Bumi Etam,’” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed., vol. 3, no. 1, pp. 1–4, 2015.

F. Heri, A. Yunus, and A. E. Budianto, “Penerapan Metode Algoritma Shuffle Random Pada Game 2D Pertualangan Pemuda Desa,” Kurawal - J. Teknol. Inf. dan Ind., vol. 4, no. 2, pp. 155–168, 2021, doi: 10.33479/kurawal.v4i2.464.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Mohamad Habib, Danang Wahyu Widodo, Muh. Aris Saputra

Downloads

Download data is not yet available.