Perancangan Game Edukasi Petualangan Ipa Dengan Materi Sistem Gerak Pada Hewan Kelas V Sd
PDF

Keywords

Edukasi
Game
IPA

How to Cite

Putra, R. S. T. ., Widodo, D. W. ., & Wahyuniar, L. S. . (2023). Perancangan Game Edukasi Petualangan Ipa Dengan Materi Sistem Gerak Pada Hewan Kelas V Sd. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 7(2), 816–823. https://doi.org/10.29407/inotek.v7i2.3504

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat di era globalisasi memiliki pengaruh yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan di dunia pendidikan. Game adalah salah satu bentuk kemajuan teknologi yang sedang berkembang saat ini. Namun, dalam perkembangan game saat ini, banyak anak-anak yang kurang tertarik dalam hal belajar, terutama pada mata pelajaran IPA tentang materi sistem gerak pada hewan. Dari permasalahan yang terjadi, peneliti tertarik untuk merancang game merancang game edukasi IPA dengan materi sistem gerak pada hewan dengan konsep game platformer. Tujuan penelitian untuk membuat  game edukasi IPA V SD yang menarik dan interaktif  dengan materi sistem gerak pada hewan. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti berupa game “SIGEHAN JUNGLE ADVENTURE” , yaitu game tentang edukasi IPA dengan materi sistem gerak pada hewan. Hasil uji coba Blackbox pada game “SIGEHAN JUNGLE ADVENTURE” semua berjalan dengan lancar, mulai dari fungsi tombol dan gameplay.

https://doi.org/10.29407/inotek.v7i2.3504
PDF

References

Kholis, M. N., & Maori, N. A. “Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran IPA Kelas V di MI Miftahul Huda”,JTINFO: Jurnal Teknik Informatika, 1(1), 45-50,2022

Styawati, S., & Ariany, F. “Sistem Monitoring Tumbuh Kembang Balita/Batita di Tengah Covid-19 Berbasis Mobile, “J. Inform. Univ. Pamulang, 5(4), 490,2021

D. W. Putra, A. P. Nugroho, dan E. W. Puspitarini, “Game Edukasi berbasis android sebagai media pembelajaran untuk anak usia dini,” JIMP (Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan), vol. 1, no. 1, 2016.

A. A. Wahid, “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi,” J. Ilmu-ilmu Inform. dan Manaj. STMIK, no. November, hlm. 1–5, 2020.

M. Yulianto dan D. A. P. Putri, “Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Iklim dan Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar,” Emitor: Jurnal Teknik Elektro, vol. 20, no. 2, hlm. 128–133, 2020.

D. L. Fithri dan D. A. Setiawan, “Analisa dan perancangan game edukasi sebagai motivasi belajar untuk anak usia dini,” Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, vol. 8, no. 1, hlm. 225–230, 2017.

R. Novianti, “Teknik Observasi bagi pendidikan anak usia dini,” Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial, vol. 1, no. 1, hlm. 22–29, 2012.

D. Surani, “Studi literatur: Peran teknolog pendidikan dalam pendidikan 4.0,” dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2019, hlm. 456–469.

A. G. Pradana, “Rancang Bangun Game Edukasi ‘AMUDRA’ Alat Musik Daerah Berbasis Android,” dalam Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENATIK), 2019, hlm. 49–53.

S. L. Rahayu dan F. Fujiati, “Penerapan Game Design Document dalam Perancangan Game Edukasi yang Interaktif untuk Menarik Minat Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris,” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 3, hlm. 341–346, 2018.

M. Nurudin, W. Jayanti, R. D. Saputro, M. P. Saputra, dan Y. Yulianti, “Pengujian Black Box pada Aplikasi Penjualan Berbasis Web Menggunakan Teknik Boundary Value Analysis,” J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 4, no. 4, hlm. 143, 2019.

B. Pane dan X. B. N. Najoan, “Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Ragam Budaya Indonesia,” Jurnal Teknik Informatika, vol. 12, no. 1, 2017.

D. Abdullah, “Panduan Tugas Akhir Teknik Informatika 2018,” 2018.

R. Nuqisari dan E. Sudarmilah, “Pembuatan Game Edukasi Tata Surya Dengan Construct 2 Berbasis Android,” Emitor: Jurnal Teknik Elektro, vol. 19, no. 2, hlm. 86–92, 2019.

M. Ridoi, “Cara mudah membuat game edukasi dengan Construct 2: tutorial sederhana Construct 2,” 2018.

L. L. Dias, J. Enstein, dan G. A. Manu, “Perancangan Game Edukasi Sejarah Kemerdekaan Indonesia menggunakan Aplikasi Construct 2 berbasis Android,” Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), vol. 4, no. 1, hlm. 27–34, 2021.

R. D. Saputro, P. Kasih, dan S. Rochana, “Pengujian Black Box dan Kuesioner Pada Game Gems Advanture,” dalam Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 2022, hlm. 47–52.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Rahardian Satria Tri Putra, Danang Wahyu Widodo, Lilia Sinta Wahyuniar

Downloads

Download data is not yet available.