Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Sejarah Kemerdekaan Indonesia Sebagai Media
PDF

Keywords

Edukasi
Game
Sejarah Kemerdekaan Indonesia

How to Cite

Yulianto, A. ., Widodo, D. W. ., & Wahyuniar, L. S. . (2023). Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Sejarah Kemerdekaan Indonesia Sebagai Media . Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 7(2), 636–644. https://doi.org/10.29407/inotek.v7i2.3479

Abstract

Tidak dapat disangkal bahwa kemajuan teknologi informasi dalam berbagai bidang telah memungkinkan banyak orang untuk dengan mudah mengakses berbagai informasi. Game merupakan bentuk kemajuan teknologi yang terjadi sekarang ini. Sejarah memiliki peranan penting bagi sebuah bangsa. Jika sebuah bangsa memiliki sejarah yang kuat, maka bangsa tersebut lebih mudah untuk bangkit. Banyak anak muda atau generasi muda sekarang yang kurang literasi tentang sejarah Indonesia khususnya sejarah kemerdekaan Indonesia. Faktornya adalah media pembelajaran yang monoton dan membosankan. Dari permasalahan yang terjadi, peneliti tertarik untuk merancang game edukasi sejarah kemerdekaan Indonesia dengan konsep game platformer. Tujuan penelitian adalah untuk merancang game edukasi pengenalan sejarah kemerdekaan Indonesia sebagai media pembelajaran digital yang menarik dan interaktif. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti berupa game “History Of Freedom”, yaitu game tentang edukasi sejarah kemerdekaan Indonesia. Hasil uji coba Blackbox pada game “History Of Freedom” semua berjalan dengan lancar, mulai dari fungsi tombol dan gameplay.

https://doi.org/10.29407/inotek.v7i2.3479
PDF

References

D. Wulandari, Pengembangan Game Edukasi berbasis Android. Sumanto Al Qurtuby.

M. Z. A. Anis, “Sejarah Bukan Warisan Melainkan Pembelajaran,” 2015.

A. Amirullah, “Pentingnya Sejarah Dalam Pembinaan Karakter Bangsa Dan Pembangunan Nasional,” dalam Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-Ilmu Sosial, 2017, hlm. 141–148.

D. W. Putra, A. P. Nugroho, dan E. W. Puspitarini, “Game Edukasi berbasis android sebagai media pembelajaran untuk anak usia dini,” JIMP (Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan), vol. 1, no. 1, 2016.

A. A. Wahid, “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi,” J. Ilmu-ilmu Inform. dan Manaj. STMIK, no. November, hlm. 1–5, 2020.

M. Yulianto dan D. A. P. Putri, “Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Iklim dan Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar,” Emitor: Jurnal Teknik Elektro, vol. 20, no. 2, hlm. 128–133, 2020.

D. L. Fithri dan D. A. Setiawan, “Analisa dan perancangan game edukasi sebagai motivasi belajar untuk anak usia dini,” Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, vol. 8, no. 1, hlm. 225–230, 2017.

R. Novianti, “Teknik Observasi bagi pendidikan anak usia dini,” Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial, vol. 1, no. 1, hlm. 22–29, 2012.

D. Surani, “Studi literatur: Peran teknolog pendidikan dalam pendidikan 4.0,” dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2019, hlm. 456–469.

A. G. Pradana, “Rancang Bangun Game Edukasi ‘AMUDRA’ Alat Musik Daerah Berbasis Android,” dalam Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENATIK), 2019, hlm. 49–53.

S. L. Rahayu dan F. Fujiati, “Penerapan Game Design Document dalam Perancangan Game Edukasi yang Interaktif untuk Menarik Minat Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris,” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 3, hlm. 341–346, 2018.

M. Nurudin, W. Jayanti, R. D. Saputro, M. P. Saputra, dan Y. Yulianti, “Pengujian Black Box pada Aplikasi Penjualan Berbasis Web Menggunakan Teknik Boundary Value Analysis,” J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 4, no. 4, hlm. 143, 2019.

B. Pane dan X. B. N. Najoan, “Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Ragam Budaya Indonesia,” Jurnal Teknik Informatika, vol. 12, no. 1, 2017.

D. Abdullah, “Panduan Tugas Akhir Teknik Informatika 2018,” 2018.

R. Nuqisari dan E. Sudarmilah, “Pembuatan Game Edukasi Tata Surya Dengan Construct 2 Berbasis Android,” Emitor: Jurnal Teknik Elektro, vol. 19, no. 2, hlm. 86–92, 2019.

M. Ridoi, “Cara mudah membuat game edukasi dengan Construct 2: tutorial sederhana Construct 2,” 2018.

L. L. Dias, J. Enstein, dan G. A. Manu, “Perancangan Game Edukasi Sejarah Kemerdekaan Indonesia menggunakan Aplikasi Construct 2 berbasis Android,” Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), vol. 4, no. 1, hlm. 27–34, 2021.

R. D. Saputro, P. Kasih, dan S. Rochana, “Pengujian Black Box dan Kuesioner Pada Game Gems Advanture,” dalam Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 2022, hlm. 47–52.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Andik Yulianto, Danang Wahyu Widodo, Lilia Sinta Wahyuniar

Downloads

Download data is not yet available.