Simulasi dan Perancangan Sistem Penjualan Toko Buku Online
PDF

Keywords

sistem penjualan
toko buku online
optimasi query
MySQL

How to Cite

Rezaldy, D. ., Niswatin, R. K. ., & Sanjaya, A. . (2022). Simulasi dan Perancangan Sistem Penjualan Toko Buku Online. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 6(2), 161–166. https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2578

Abstract

Buku merupakan sarana kelembagaan dan pembelajaran bagi pembaca baik kalangan tingkat sekolah dasar maupun tingkat perguruan tinggi. Peran buku sangat penting dalam perkembangan zaman, dan ada banyak buku bermanfaat yang dapat membantu kita mengembangkan pendidikan dan teknologi. Salah satu contoh  yang mendongkrak perkembangan teknologi pada saat ini adalah penjualan online. Banyak pelaku bisnis yang mulai melakukan penjualan online untuk memajukan nilai penjualan dan keuntungan. Salah satu bidang yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penjualan toko buku. Toko buku Oscar pada saat ini belum mempunyai website penjualan online, selain itu sistem ini menjawab dari pengaduan calon pembeli yang telah datang ke toko buku Oscar tetapi tidak mendapatkan buku yang diinginkan. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah membuatkan sebuah website sistem penjualan online yang akan ditujukan untuk Toko Buku Oscar. Pada sistem ini menggunakan metode optimasi query yang digunakan sebagai sistem pencarian yang bertujuan untuk memudahkan pembeli mendapatkan buku yang diinginkan dengan memasukkan kata kunci dari buku yang dimasukkan. Dengan begitu sistem akan menampilkan hasil pencarian buku yang mengandungkata kunci dari yang telah dicari oleh calon pembeli. Dari hasil penelitian dan uji coba, sistem mampu melakukan pencarian barang yang sesuai dari kata kunci yang telah dimasukkan. Selain itu pada sistem ini, sistem mampu melakukan perintah tambah, edit dan hapus, serta dapat menampilkan data buku. Pembeli juga bisa memasukkan pesanan ke keranjang untuk melanjutlkan ke dalam proses pembayaran.

https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2578
PDF

References

Sanjaya, A. (2016). Optimasi Query Untuk Pencarian Data Menggunakan Penguraian Kalimat. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 4(1), 3-7.

Saputro, M. (2018). Pengoptimalisasian Query Pada Study Kasus Sistem Informasi Penjualan Kue Di Toko Wien (Doctoral dissertation, STMIK AKAKOM YOGYAKARTA).

Irawan, Y. (2019). Penerapan Data Mining Untuk Evaluasi Data Penjualan Menggunakan Metode Clustering Dan Algoritma Hirarki Divisive Di Perusahaan Media World Pekanbaru. Jurnal Teknologi Informasi Universitas Lambung Mangkurat (JTIULM), 4(1), 13-20.

P. I. M. Siallagan, S. Si, P. Ii, M. Kania, F. Teknik, and J. T. Informatika, “Pengoptimasian Query Database,” pp. 1–4.Journal of Information Technology. vol 18. hal 152-159.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Donni Rezaldy; Ratih Kumalasari Niswatin, Ardi Sanjaya

Downloads

Download data is not yet available.