DESIGN BUILD MIXER ON SEMIAUTOMATIC MEATBALL MACHINE WITH A CAPACITY OF 2 KG
PDF

Keywords

bakso
pengaduk
perancangan

How to Cite

Saputro, M. T. H. ., & Nadliroh , K. . (2022). DESIGN BUILD MIXER ON SEMIAUTOMATIC MEATBALL MACHINE WITH A CAPACITY OF 2 KG. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 6(1), 247–252. https://doi.org/10.29407/inotek.v6i1.2492

Abstract

Bakso merupakan makanan lokal yang sangat digemari masyarakat, selain harganya yang terjangkau rasanya juga sangat khas. Bakso ini makanan yang berbentuk bola daging yang dibuat dari campuran daging sapi yang digiling dengan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang dibuat daging ayam, dan daging sapi. Bakso disajikan panas dengan kuah, dicampur mie bihun, tahu terkadang telur dan ditaburi bawang goreng dan seledri. Seiring permintaan produk bakso yang semakin besar, ditambah muncul berbagai macam variasi ukuran dan bentuk bakso maka diciptakan sebuah alat yang digunakan untuk membuat bakso. Alat ini untuk memperingan pembuatan bakso sehingga dapat mengefisiensikan waktu dan biaya mesin pengolah bakso semi otmatis kapasitas 2 KG, maka dapat di simpulkan bahwa desain dan spesifikasi rancangan mesin pengolah bakso kapasitas 2 kg mencakup komponen yaitu hopper, screw konveyor, hopper cover, dengan bahan plat stainless steel, kapasitas hopper 2 kg dengan tinggi 145 mm diameter 220 mm. Dengan spesifikasi tersebut dalam proses pengadukan yang memudahkan proses pencetakan dalam satu tempat. Screw berpengaruh sangat penting dalam proses pengadukan/pencampuran adonan, semakin cepat putaran maka proses pengadukan menjadi semakin cepat.

https://doi.org/10.29407/inotek.v6i1.2492
PDF

References

. Djalal, R. (2021). Industry Pengolahan Daging. Kota Malang: Universitas Brawijaya Pres.

. Ginting, L. M., Tambunan, B. H., & Simamora, F. (2021). Rancang Bangun Mesin Pencetak Bakso. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Otomotif.

. Santoso, R., Jazuli, & Yusianto Rindra. (2015). Peerancangan Alat HYBRID Penggiling Daging, Pengaduk Adonan dan Pencetak Bakso Menggunakan Metode KANSEI ENGINEERING dan QUALITY FUNCTION dEPLOMENT (QFD). 1-4.

. [4]. Abram T, M., & Kastanya , M. A. (2017). Rancang Bangun Mesin Pencetak Bakso Berskala Industi Rumah Tangga. SINERGI.

. Agustian, F., Setyowidodo, M,Si., I., & Istiqlaliyah.ST,M,Eng., H. (2018). Rancang Bangung Alat Pencuci dan Pengering Cacahan Botol Plastik Kapasitas 5 kg. Simki.unp.ac.id, 5-6.

. Budi, A. S. (2018). Rancang Bangun Mesin Pencetak Bakso Dengan Kapasitas 130 kg/jam. Jember.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Moch. Taufiqk Hatta Saputro; Kuni Nadliroh

Downloads

Download data is not yet available.