Perancangan Mesin Pembuat Keripik Umbi Dengan Sistem Pneumatik
PDF

Keywords

Umbi
Sistem Pneumatik
Pembuatan
Hasil

How to Cite

Wibowo, A. A. ., & Istiqlaliyah, H. . (2020). Perancangan Mesin Pembuat Keripik Umbi Dengan Sistem Pneumatik. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(2), 307–314. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i2.163

Abstract

Perancangan mesin keripik umbi dengan sistem otomasi pneumatik ini dilatar belakangi oleh adanya produksi keripik umbi yang kebanyakan masih menggunakan sistem manual, mulai dari awal proses hingga pengemasannya. Hal tersebut akan menyebabkan waktu yang dibutuhkan dalam sekali proses menjadi semakin lama. Oleh karena itu dibutuhkan satu alat yang dapat membantu mempercepat proses pengerjaan juga sekaligus meminimalisir tingkat resiko selama proses berlangsung. Dalam hal ini dibutuhkan suatu mesin pembuat keripik umbi dengan aplikasi sistem pneumatik. Sistem pneumatik merupakan sistem otomasi yang berfungsi sebagai penggerak umbi menuju perajang dan memindahkan hasil rajangan ke penggoreng, selain itu juga memindahkan hasil gorengan menuju spinner. Untuk prinsip kerja dari sistem pneumatik ini yaitu dengan memanfaatkan udara bertekanan guna menjalankan piston Pneumatik. Berdasarkan perencanaan pembuatan sistem pneumatik yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa speesifikasi Piston pneumatik pada sistem perajang 32 x 600 mm, Piston pendorong hasil perajang 25 x 250 mm, dan Piston pengangkat keripik 25 x 250 mm. Sedangkan gaya yang dihasilkan oleh piston adalah: Piston pendorong pada perajang 13,06 Kgf, Piston pendorong hasil perajang 19,21 Kgf,  Piston pengangkat keripik 11,53 Kgf, dan untuk kebutuhan udara pada sistem pneumatik 64,32 liter.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i2.163
PDF

References

Wicaksono, A.S., Effendi, N., Sitorus, A.S., & Ramadhan, B. 2015. Rancang Bangun Mesin Hot Embossing Sandal Dengan Material Ethylene Vinyl Asetat Menggunakan Sistem Elektro Pneumatik. Institute Teknologi Sepeluh November Surabaya.

Indriyanto, R., Kabib, M., & Winarso, R. 2018. Rancang Bangun Sistem Pengepresan Dengan Penggerak Pneumatik Pada Mesin Press Dan Potong Untuk Pembuatan Kantong Plastik Ukuran 400 X 550 Mm. Universitas Muria Kudus.

Agustiawan, I., Albayumi, A., & Wuguna, P. 2016. Perancangan Model Alat Pemadat Tanah Uji Geosintetis Menggunakan Sistem Pneumatik Kontrol Plc. Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Pramono.2008. Modul Pneumatik. Semarang: Universitas Negri Semarang

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Adi Aryo Wibowo, Hesti Istiqlaliyah

Downloads

Download data is not yet available.