Perancangan Rangka Pada Mesin Penggoreng Sistem Vacuum Frying Keripik Buah Kapasitas 3 Kg
PDF

Keywords

Perancangan
Rangka Mesin
Keripik Buah

How to Cite

Laksono, . T. M. ., & Istiqlaliyah, H. . (2021). Perancangan Rangka Pada Mesin Penggoreng Sistem Vacuum Frying Keripik Buah Kapasitas 3 Kg . Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(2), 007–012. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i2.1005

Abstract

Teknologi di Indonesia selalu mengalami perkembangan sepanjang waktu dalam berbagai bidang. Dalam rangka mendukung perkembangan teknologi, peranan mesin sangatlah besar. Dalam sebuah mesin, rangka merupakan bagian yang penting karena rangka merupakan tulang punggung dari sebuah mesin, tanpa rangka sebuah mesin tidak bisa digunakan secara maksimal, hal ini juga berlaku untuk mesin penggoreng vakum frying ini. Dalam perancangan rangka pada mesin penggoreng sistem vacuum frying keripik buah kapasitas 3 kg, prosesnya dimulai dari perencanaan, pembuatan desain,  perakitan, sampai dengan pengujian rangka dengan simulasi menggunakan software solidwork. Hasil dari perancangan yang telah dilakukan didapatkan hasil dengan spesifikasi bahan yang digunakan untuk membuat mesin penggoreng sistem vacuum frying keripik buah kapasitas 3 kg  adalah baja Profil U BJ 37 dengan ukuran 50 mm x 30 mm x 3 mm dan baja Profil L dengan ukuran 30 mm x30 mm x 1 mm. Mesin ini memiliki ukuran rangka keseluran dengan Panjang 850 mm x Lebar 950 mm x Tinggi 1600 mm dengan tegangan terbesar senilai 57.250 N/mm2 (Mpa), Sedangkan tegangan terkecil senilai 0,003 N/mm2 (MPa). Dari hasil simulasi diatas disimpulkan rangka aman menopang semua beban komponen mesin penggoreng vacuum frying karena tegangan terbesar tidak melebihi yield strength sebesar 240,000 N/mm2 (MPa).

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i2.1005
PDF

References

Sofyan, Glusevic, Zulfikar, Boby. (2019). Analisis Kekuatan Struktur Rangka Mesin Pengering Bawang Menggunakan Perangkat Lunak Ansys APDL 15.0. JMEMME ( Journal of Mechanical Enggineering, Manufactures, Materials and Energy).

Lasmoro, L. A. (2016). Perancangan Rangka Pada Peniris Minyak. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Effendi, Setiawan. (2017). Rancang Bangun Mesin Perajang Singkong Industri Rumahan Berdaya Rendah. Jurnal Teknik: Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Prabowo, Istiqlaliyah. (2020). Perancangan Rangka Mesin Pembuat Keripik Umbi Dengan Aplikasi Sistem Pneumatik. Seminar Nasional Inovasi Teknologi UN PGRI Kediri.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Topan Muji Laksono, Hesti Istiqlaliyah

Downloads

Download data is not yet available.