Analisa Variasi Kecepatan Putar Dan Tekanan Vakum Terhadap Tingkat Kerusakan Keripik Pada Mesin Spinner
PDF

Keywords

keripik buah
vaccum
Vaccum spinner

How to Cite

Arifin, N. B. ., & Istiqlaliyah, H. . (2021). Analisa Variasi Kecepatan Putar Dan Tekanan Vakum Terhadap Tingkat Kerusakan Keripik Pada Mesin Spinner. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(2), 042–047. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i2.1011

Abstract

Keripik merupakan salah satu  makanan khas indonesia yang renyah dan  digemari  masyarakat  luas dari anak-anak sampai dewasa. Secara umum kripik dibuat melalui tahap penggorengan, baik dengan penggorengan model celup (deep frying) atau dengan metode vacum frying yang dapat digunakan untuk menggoreng bahan yang memiliki kadar air yang cukup tinggi. untuk menjaga kualitas produk keripik, kadar minyak harus diturunkan seoptimal mungkin. hal ini dapat diperoleh dengan menggunakan mesin vakum spinner. yaitu proses penirisan dengan tekanan hampa. hal ini dimaksudkan untuk mengurangi kadar minyak dan menjaga kondisi keripik agar tidak rusak. variasi kecepatan optimal mesin vakum spinner adalah 400rpm dan 500 rpm dengan tanpa tekanan dan tekanan - 0,6 bar. hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kecepatan putar terbaik 500 rpm dengan pemberian tekanan sebesar - 0,6 bar.

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i2.1011
PDF

References

Ahmad thoriq, dkk. (2018). Modifikasi mesin peniris minyak dan kelayakan finansial prodiksi keripik bayam. Jurnal Teknik Pertanian Lampung, 7.

Armanda Siryogiawan. (2017). Rancang bangun mesin peniris minyak pada produk keripik dengan metode spinning dan metode vacum.

ROMIYADI. (2018). Perancangan dan pembuatan mesin peniris minyak dengan kontrol kecepatan. jurnal teknik mesin istitut teknologi padang, 1

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Nur Basthomi Arifin, Hesti Istiqlaliyah

Downloads

Download data is not yet available.