Perancangan Sistem Hidrolik Pada Mesin Penggoreng Vakum Dengan Metode Hand Control Hidrolik
PDF

Keywords

hand control hidrolik
mesin penggoreng vakum
sistem hidrolik

How to Cite

Budi Setiono, M. I. ., & Istiqlaliyah, H. . (2021). Perancangan Sistem Hidrolik Pada Mesin Penggoreng Vakum Dengan Metode Hand Control Hidrolik. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(2), 048–055. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i2.1012

Abstract

Mesin penggoreng vakum yang ada pada umumnya adalah mesin tipe horizontal yang menggunakan  sistem pompa vakum jet air. Untuk proses penggunaannya itu sendiri masih tergolong manual, dimana  pada saat penirisan dengan spinner masih terpisah dengan mesin penggorengnya dan pada saat pengambilan produk hasil penggorengan atau keripik masih menggunakan teknik manual yaitu dengan menggunakan tangan manusia. Apalagi setelah penggorengan selesai perlu membuka tutup tabung dan keranjang penggoreng yang masih panas terlebih dahulu untuk bisa mengambil produk hasil penggorengan. Untuk itu dibutuhkan pemikiran-pemikiran bagaimana cara untuk meningkatkan efisisiensi pada saat melakukan penggorengan. Solusi dari permasalahan ini adalah dengan merancang sistem hidrolik pada mesin penggoreng vakum. Perancangan ini bertujuan untuk membantu mempermudah dan mempercepat proses penggorengan keripik buah guna menghasilkan makanan olahan yang akan diproduksi, dengan menggunakan hand control hidrolik sebagai alat bantu untuk mengangkat tutup tabung penggoreng dan juga peniris sebagai penahan saat langkah naik dan turun pada mesin penggoreng vakum. Hasil dari perancangan ini adalah didapatkan gaya saat langkah naik sebesar 1,256 N dan saat langkah turun sebesar 3,065 N dengan mengunakan pompa HGP-1A-F1R-AR pada putaran 2880 rpm sebesar 0,288 L/s dan langkah waktu dalam satu kali kerja langkah naik 10,10 detik dan langkah turun 6,40 detik.

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i2.1012
PDF

References

Herminingsih, H. (2017). Penerapan Inovasi Teknologi Mesin Penggoreng Vakum dan Pelatihan Olahan Kripik Buah di Kelompok Usaha Bersama (KUB) Ayu Kelurahan Kranjingan kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Jurnal Ilmiah Inovasi, 17, 2.

Indiekraf.com. (2020, Juli 19). Dr. Anang Lastriyanto, Penemu Mesin Penggoreng Vakum dari Universitas Brawijaya Malang. Retrieved from PT. Indiekraf Indonesia Digital Kreatif: https://indiekraf.com/dr-anang-lastriyanto-penemu-mesin-penggoreng-vakum-dari-universitas-brawijaya-malang/

Rizaldi, F. (2016). Perancangan Sistem Hidrolik Punch Stroke Pada Mesin Press Untuk Pembuatan Cup Selongsong Peluru Kaliber 20mm. Undergraduate Thesis.

Dharma, U. S., & Yuono, L. D. (2017). Analisa Pengepresan Dengan Sistem Hidrolik Pada Alat Pembuat Paving Block Untuk Perkerasan Lahan Parkir. Turbo: Jurnal Program Studi Teknik Mesin, 5, 1.

Sapuda, H. E. (2017). Perancangan Mesin Pengepres Briket Dengan Sistem Hidrolik. Undergraduate (S1) Thesis.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Moh. Irvan Budi Setiono, Hesti Istiqlaliyah

Downloads

Download data is not yet available.