Aplikasi Sistem Otomasi Vacuum Frying Pada Alat Penggoreng Keripik Serbaguna
PDF

Keywords

Aplikasi
perancangan
Otomasi
vacuum frying

How to Cite

Setyawan, R. ., & Istiqlaliyah, H. . (2021). Aplikasi Sistem Otomasi Vacuum Frying Pada Alat Penggoreng Keripik Serbaguna. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(2), 025–030. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i2.1008

Abstract

Penggorengan merupakan proses penguapan air yang terdapat pada bahan baku dengan mendidihkan media penguap seperti minyak goreng. Selama ini alat yang dipakai untuk menggoreng keripik yang dirasa paling efektif adalah sistem penggorengan hampa (vakum). Mesin penggorengan hampa yang banyak ditemui di pasaran kebanyakan adalah penggoreng vakum yang manual. Artinya pengaturan yang terdapat pada penggoreng belum terotomatisasi. Hal ini mengakibatakan proses produksi kurang efektif dan efisien. Dari kendala tersebut maka dibutuhkan suatu alat penggoreng dengan sistem vakum yang terotomatisasi. Alat ini memanfaatkan rangkaian perangkat elektronik seperti thermostat digital yang diletakkan pada box panel serta sensor suhu didalam tabung minyak untuk mengetahui dan mengatur suhu minyak goreng, solenoid valve untuk buka tutup pada pipa-pipa saluran minyak dan gas, dan timer control relay pada box panel untuk mengatur waktu yang dibutuhkan selama proses penggorengan keripik. Selan itu juga dilengkapi dengan kontaktor untuk menyambungkan dan memutuskan arus listrik pada komponen yang ada di rangkaian sistem otomasi.

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i2.1008
PDF

References

Mufarida, N. A. (2019, Januari). Pengaruh Optimalisasi Suhu dan Waktu Pada Mesin Vacuum Frying Terhadap Peningkatan Kualitas Keripik Mangga Situbondo. Jurnal Penelitian Ipteks, Vol. 4 No. 1, 24.

Firyanto, R. E. (2018). Pembuatan Keripik Buah Jambu Biji Menggunakan Alat Vacuum Frying Dengan Variabel Suhu dan Waktu. Prosiding Seminar Nasional Teknik Kimia "Kejuangan" (p. 2). Yogyakarta: Jurusan Teknik Kimia, FTI, UPN "Veteran" Yogyakarta.

Hakim, L. A. (2017). Perancangan Sistem Otomasi Proses Pelubangan Kartu Tekstil Jacquard Pada Mesin Punching Di PT. Buana Intan Gemilang. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri, 68.

Prastyo, B. A. (2020, Juli). Perancangan Sistem Penggorengan Pada Mesin Pembuat Keripik Serbaguna Dengan Metode Deep Frying. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Teknologi.

Steven, d. A. (2015). Rancang Bangun Mesin Penggoreng Kerupuk Pasir Semi Otomatis Dilengkapi Pengatur Suhu. JRM, Vol. 02 No 03, 53-57.

Steven, d. A. (2015). Rancang Bangun Mesin Penggoreng Kerupuk Pasir Semi Otomatis Dilengkapi Pengatur Suhu. JRM, Vol. 02 No 03, 53-57.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Rendi Setyawan, Hesti Istiqlaliyah

Downloads

Download data is not yet available.