Abstract
penelitian ini bertujuan untuk menganalisa perbandingan hasil pengukuran kualitas pelayanan (service quality) menggunakan MATLAB ToolBox Fuzzy dengan metode analisa kuantitatif menggunakan Uji Statistik. Metode penelitian menggunakan meta analisis dengan 6 sampel artikel yang telah dipublikasikan pada jurnal nasional. Penelitian meta analisis menunjukkan bahwa pengukuran kualitas pelayanan menggunakan MATLAB ToolBox Fuzzy lebih efektiv dibandingkan dengan menggunakan uji secara statistic, karena selain memberikan hasil kualitas pelayanan juga memberikan gambaran secara lebih jelas pada tampilan grafik.
References
BSNP. 2006. Permendiknas No.22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas
Shofia, Niska, Siti Rochana. 2018. Penggunaan Logika Fuzzy Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Pengadilan Agama Kabupaten Kediri. Journal of Mathematics Education, Science and Technology, Vol.3 No. 1 Hal 57-59.
Shofia, Niska, Lilia Sinta W. 2017. Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Pengadilan Agama Kabupaten Kediri Dengan Pendekatan Logika Fuzzy.Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 2 Hal 119-127.
Sugiyono. (2007). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa. Yogyakarta
Harto, Budi. 2015. Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Dengan Pendekatan Fuzzy Servqual Dalam Upaya Peninkatan Kualitas Pelayanan.Jurnal TEKNOIF Vol.3 No.1, April 2015.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajenen Pemasaran Jilid Satu. Indeks: Jakarta.
Shofia, Niska. 2019. Buku Monograf Penerapan Logika Fuzzy Untuk Analisa Kualitas Pelayanan (Simulasi Menggunakan Matlab Toolbox Fuzzy). CV. Kasih Inovasi Teknologi: Kediri.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright (c) 2020 Niska Shofia, Umi Mahdiyah