Sistem Rekomendasi Penentuan Poin Produk Menggunakan Algoritma FP-Growth Dan K-Means Clustering
PDF

Keywords

Asosiasi
Clustering
Data Mining
Poin Produk
Rekomendasi.

How to Cite

Apriansa, R. D. ., Farida, I. N. ., & Mahdiyah, U. . (2022). Sistem Rekomendasi Penentuan Poin Produk Menggunakan Algoritma FP-Growth Dan K-Means Clustering. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 6(2), 236–241. https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2589

Abstract

Data transaksi pada Toko Bro Petshop yang tertumpuk dalam proses transaksi tidak dimanfaatkan untuk keperluan apapun. Toko Bro Petshop Kediri juga sering ketinggalan ketersediaan bahan dan produk dengan merek tertentu yang tidak tersedia, dikarenakan data yang dimiliki terlalu banyak sehingga membuat Toko ini sulit untuk melakukan pendataan produk dalam pemenuhan stok barang suatu produk. Selain itu adanya kesulitan dalam menentukan tata letak setiap produk yang bertujuan untuk mempermudah penemuan barang yang sering sekali dibeli secara bersamaan oleh konsumen. Pada kegiatan promosi, diperlukan strategi yang baik agar penjualan bisa meningkat dan mampu bersaing dengan perkembangan pasar. Dari permasalahan tersebut dibutuhkan sistem cerdas agar meminimalisir permasalahan diatas. Promosi dapat dilakukan dengan merekomendasikan poin pada setiap produk hewan peliharaan dengan cara memberikan reward agar menarik konsumen untuk membeli berbagai produk yang tersedia.

https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2589
PDF

References

Khambali, A., & Satrio, T. 2020. Berbasis Android Di Toko Wahyu Tani. SURYA INFORMATIKA, vol 9(1). hal 22-31.

Mulyana, M. 2019. Strategi Promosi Dan Komunikasi. Manajemen Pemasaran Universitas Terbuka.

Salam, A., Zeniarja, J., Wicaksono, W., & Kharisma, L. 2019. Pencarian Pola Asosiasi Untuk Penataan Barang Dengan Menggunakan Perbandingan Algoritma Apriori Dan Fp-growth (Study Kasus Distro Epo Store Pemalang). Dinamik, vol 23(2). hal 57–65.

Lestari, N. S., & Murti, D. S. R. 2020. Perancangan Aplikasi Pembuatan Kartu Keluarga Berbasis Web Menggunakan Php Dan Mysql. Isu Teknologi Stt Mandala, vol 15(2). hal 1–13.

Hasuna, S., Hastomo, W., Sestri, E., & Kalbuana, N. 2020. Implementasi Association Rule & Frequent Pattern Growth Untuk Penentuan Sistem Rekomendasi Keputusan Pembelian. Prosiding SeNTIK, vol 4(1). hal 175-179.

Akbar, R. 2020. PREDIKSI MUTU PEMBELAJARAN SMK JURUSAN TKJ MENGGUNAKAN ALGORITMA DATA MINING K-MEANS CLUSTERING. Ponorogo : Fakultas Teknik UMP.

Ardianto, A., & Fitrianah, D. 2019. Penerapan Algoritma Fp-growth Rekomendasi Trend Penjualan ATK Pada CV. Fajar Sukses Abadi. Jurnal Telekomunikasi Dan Komputer, vol 9(1). hal 49-60.

Muqsit, M.A., Swanjaya, D. 2021. “Analisa Model Pengelompokan Data Survey Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Self Organizing Maps". Prosiding SEMNAS INOTEK, vol 5(3). hal 126-131.

Ndruru, E., & Limbong, R. 2018. Implementasi Data Mining Dalam Pengelompokan Jurusan yang Diminati Siswa SMK Negeri 1 Lolowa’u menggunakan Metode Clustering. MEANS (Media Informasi Analisa Dan Sistem), vol 3(2). hal 107–113.

Retno, S. 2019. Peningkatan Akurasi Algoritma K-Means Dengan Clustering Purity Sebagai Titik Pusat Cluster Awal (Centroid). Medan: Fakultas ILKOM & Teknologi Informasi USU.

Annur, H. 2019. Penerapan Data Mining Menentukan Strategi Penjualan Variasi Mobil Menggunakan Metode K-means Clustering. Jurnal Informatika Upgris, vol 5(1). hal 40-45.

Ugrasena, A. M., & Falani, A. Z. 2021. Pemanfaatan Algoritma Fp-growth Untuk Menentukan Strategi Penjualan Pada Kedai Kopi Teras Garden. Systemic: Information System and Informatics Journal, vol 6(2). hal 33–37.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Rendi Dwi Apriansa; Intan Nur Farida, Umi Mahdiyah

Downloads

Download data is not yet available.