Perancangan Augmented Reality Sebagai Media Promosi Desain Interior Berbasis Mobile APPS
PDF

Keywords

Desain Interior
promosi
Augmented Reality
Mobile Apps

How to Cite

Ratna, R., Kasih, P. ., & Mahdiyah, U. . (2021). Perancangan Augmented Reality Sebagai Media Promosi Desain Interior Berbasis Mobile APPS. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(1), 071–076. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i1.908

Abstract

Dalam melakukan sebuah promosi desain perumahan banyak cara yang dapat dilakukan contohnya dengan menggunakan brosur yang informasinya akan disampaikan dalam media 2 dimensi, permasalah dalam kasus ini yaitu bagaimana menjadikan suatu informasi tersebut menjadi lebih menarik dan mempermudah konsumen untuk menentukan desain perumahan yang di inginkan. Dengan adanya teknologi promosi dengan menggunakan Augmented Reality (AR) yang dibuat menggunakan Unity 3D sebagai software untuk membuat aplikasi agar dapat menampilkan desain 3D, lalu menggunakan android studio yang digunakan sebagai pengembangan aplikasi android. Pada proses pengembangan aplikasi promosi perumahan ini menggunakan metode waterfall yang digunakan untuk pengembangan sistemnya agar lebih jelas dalam setiap tahapan yang akan dijalankan. Hasil dari perancangan aplikasi ini adalah terealisasinya aplikasi ini sebagai alat promosi penjualan perumahan yang lebih menarik dan lebih interaktif. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat mengembangkan suatu media promosi yang dapat mengandalkan teknologi tanpa harus mengeluarkan banyak biaya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i1.908
PDF

References

Ardhi, Yudha. (2013). Merancang Media Promosi Unik dan Menarik. Yogyakarta Taka Publisher.

Haller, Billinghurst, dan Thomas (2007) Emerging Technologies of Augmented Reality: Interfaces and Design. USA IDEA GROUP (URL http://www.idea-group.com).

Effendy, O.U. (1989). Kamus Komunikasi. Bandung : CV Mandar Maju.

Cutlip, S.M.,Center,A.H. dan Broom, G.M. 1994. Effective Public Relations.Edisikeenam. New Jersey: Prentice Hall.

Williams, B.K. and Sawyer, S.C. 2011. Using Information Technology. A Practical Introduction to Computers & Communications. (9th edition)”. New York: McGraw-Hill.

Pratama, S. W., & Kasih, P. (2020). Aplikasi Bantu pengenalan Binatang pada anak usia dini menggunakan Augmented Reality. Kediri: Seminar Nasional Inovasi Teknologi 2020.

Fernando, M. Membuat Aplikasi Augmented Reality Menggunakan Vuforia SDK dan Unity. Skripsi. Program Studi Teknik Informatika. Universitas Klabat, Manado.

Herdi, Hafizh. 2014. Belajar Membuat Aplikasi Menggunakan Android Studio. Diambil dari: https://www.twoh.co/2014/09/28/belajarmembuat-aplikasi-android-menggunakanandroid-studio/ (17 Mei 2017)

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Ratna Ratna, Patmi Kasih, Umi Mahdiyah

Downloads

Download data is not yet available.