Pengembangan Game Edukasi Klasifikasi Komponen Komputer Berbasis Android dengan Tools Unity 3D Game Engine
PDF

Keywords

game edukasi
klasifikasi komponen komputer
android
unity 3D

How to Cite

Pramudita, Y. Y. ., Sahertian, J. ., & Sanjaya, A. . (2020). Pengembangan Game Edukasi Klasifikasi Komponen Komputer Berbasis Android dengan Tools Unity 3D Game Engine. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(2), 27–34. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i2.116

Abstract

Game atau permainan tentunya sudah tidak asing lagi terdengar. Dewasa ini banyak game yang dapat dimainkan mulai dari petualngan, strategi, fighting, edukasi dan lainnya. Game juga dapat berfungsi untuk melatih pola pikir  seseorang untuk mencari solusi memecahkan suatu permasalahan yang ada di sebuah Game. Salah satunya adalah game edukasi bergenre quiz dan puzzle.Game yang mengharuskan pemain untuk menyelesaikan teka-teki atau masalah. Tidak jarang jenis game ini juga digunakan sebagai media pembelajaran, karena dapat meningkatkan minat belajar pada siswa.Game edukasi yang memuat materi klasifikasi komponen komputer masih sangat kurang, khusunya pada platform android. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi klasifikasi komponen komputer pada perangkat berbasis android, dan mengetahui tingkat kelayakaan game edukasi klasifikasi komponen komputer dengan menggunakan metode black-box. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research & Development (R&D) dan menggunakan model penggembangan multimedia Lee dan Owens, yaitu analisis, desain, pengembangan, dan implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa game edukasi klasifikasi komponen komputer berbasis android menggunakan software Unity 3D Game Engine dengan materi klasifikasi komponen komputer. Game edukasi klasifikasi komponen komputer telah melakukan hasil pengujian dengan metode black –box memperoleh nilai baik dan game dapat dikembangkan.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i2.116
PDF

References

Rahman Afif Fatchur, 2016. Pengembangan Permainan Edukasi KATELU (Klasifikasi Komponen Komputer) Berbasis Android Dengan Tools Unity 3d Game Engine.Jurnal Pengembangan Permainan Edukasi Pendidikan Teknik Informatika, FT UNY (2016).

Putra Dian Wahyu, Nugroho A. Prasita, Puspitarini Erri Wahyu, 2016. Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, Vol.1, No.1 Maret (2016).

Sugiono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan: Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Lee, W. W., & Owens, D.L. (2004). Multimedia-Based Instructional Design. 2nd. ed. San Francisco, CA: Jhon Wiley & Sons, Inc.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 PROSIDING SEMINAR NASIONAL INOVASI TEKNOLOGI

Downloads

Download data is not yet available.