Penerapan Metode Apriori Untuk Menentukan Pola Penjualan Kue di Toko Alisa Bakery
PDF

Keywords

algoritma apriori
lift ratio
confidence
rules

How to Cite

Depi, A. S. ., Farida, I. N. ., & Sahertian, J. . (2022). Penerapan Metode Apriori Untuk Menentukan Pola Penjualan Kue di Toko Alisa Bakery . Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 6(2), 199–207. https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2584

Abstract

Strategi promosi yang efektif diperlukan untuk meningkatkan angka penjualan dalam rangka menghadapi persaingan bisnis. Selain itu dapat dilakukan dengan mengidentifikasi pasar dan motif pembelian atau selera pembeli agar promosi yang dilakukan tepat sasaran dan sesuai yang diinginkan. Penentuan promosi membutuhkan data penjualan untuk mendapatkan pola penjualan. Penelitian ini menggunakan data penjualan kue pada Toko Alisa Bakery selama 12 bulan dengan 30 macam kue. Data penjualan diolah menggunakan metode apriori dengan  minimum support 30% dan minimum confidence sebesar 50%. Metode apriori menghasilkan  rule atau aturan yang akan menunjukkan pola penjualan dan keterkaitan antara item pada item lainnya.  Sehingga aturan tersebut bisa digunakan untuk promosi penjualan. Hasil perhitungan menunjukkan 3 pola penjualan dengan nilai lift ratio dibawah angka 1 yang dapat digunakan untuk promosi penjualan. Tiga macam pola tersebut adalah jika membeli Onde-onde maka akan  membeli juga Putu Ayu, jika membeli Bikang maka akan membeli juga Putu Ayu, dan Jika Membeli Lapis Sakura maka akan membeli juga Putu Ayu. 

https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2584
PDF

References

Philip, Kotler. 2002. Manajemen Pemasaran. PT. Prenhallindo, Jakarta.

Abdullah, Thamrin. 2017. Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo.

Pasaribu, I. M. 2018. Tinjauan Tentang Sistem Penjualan Aluminium Ingot pada PT (persero) Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) Kuala Tanjung. Jurnal Imiah Dunia Ilmu, 4.

Basu, Swastha. 2002. Manajemen Pemasaran. Penerbit Liberty, Jakarta.

Kursini & Emha Taufiq. 2009. Algoritma Data Mining. Edisi pertama, Andi, Yogyakarta.

Larose, Daniel T. 2006. “Discovering Knowledge in Data: An Introduction to Data Mining”. USA : John Willey & Sons. Inc.

Fajar Astuti Hermawan. 2013. Artificial Intelegency Edisi Pertama. Penerbit Andi, Yogyakarta,

Triyanto, W. A., Suhartono, V., & Himawan, H. 2014. Analisis Keranjang Pasar Menggunakan K-Medoids dan FP-Growth. Jurnal Pseudocode. 1(2), 127914.

Nafari, M., & Shahrabi, J. 2010. A temporal data mining approach for shelf-space allocation with consideration of product price. Expert Systems with Applications, 37(6), 4066-4072.

Sari, Dewi Puspita. 2015. Data Mining Perkiraan Produksi Spanduk dengan Algoritma Apriori (Studi Kasus: CV. Mentari Persada Medan). Pelita Informatika Budi Darma. No. 1 Vol. IX. 2301-9425.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Alisa Sintiya Depi; Intan Nur Farida, Julian Sahertian

Downloads

Download data is not yet available.