Pemanfaatan Metode Consine Similarity Untuk Koreksi Nilai UAS
PDF

Keywords

Cosine Similarity
koreksi soal essai
sistem koreksi soal

How to Cite

Ramadhani, R. A. ., Sanjaya, A. ., & Prayogo , Y. S. . (2023). Pemanfaatan Metode Consine Similarity Untuk Koreksi Nilai UAS. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 7(1), 122–130. https://doi.org/10.29407/inotek.v7i1.3418

Abstract

Ujian Akhir Sekolah memiliki beberapa macam ujian yang dilakukan yaitu mulai dari pilihan ganda dan soal esai. Soal esai merupakan soal ujian berbentuk uraian yang digunakan untuk mengukur tingkat kognitif dari siswa. Dalam hal ini terdapat sebuah solusi yaitu sistem koreksi nilai UAS menggunakan metode Cosine Similarity. Metode Cosine Similarity dapat mengecek jawaban dari ujian yang dilakukan siswa apakah sesuai dengan kunci jawaban yang dibuat oleh guru, yang digunakan sebagai kunci jawaban, kunci jawaban tersebut digunakan sebagai dataset dan data uji penelitian ini adalah jawaban siswa. Metode Cosine Similarity akan mengecek jawaban siswa apakah sesuai dengan jawaban guru yang digunakan untuk kunci jawaban. Hasil dari penelitian ini yaitu sistem koreksi soal esai yang menggunakan pengujian T-Test. Mendapatkan hasil t start/hitung (7.820) lebih besar dari t critical two-tail/tabel (2.030) sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan dari skor penilaian guru dan skor program. Dari hasil yang didapat adapun kesimpulan sistem dapat mengkoreksi jawaban dari siswa yang mengikuti ujian soal essai.

https://doi.org/10.29407/inotek.v7i1.3418
PDF

References

R. B. Mahputra, “Rancang Bangun Aplikasi Ujian Akhir Semester Online Untuk Mengukur Pencapaian Kompetensi Siswa,” Spirit, vol. 6, no. 2, pp. 33–37, 2016, [Online]. Available: https://www.jurnal.stmik-yadika.ac.id/index.php/spirit/article/view/40%0Ahttps://www.jurnal.stmik-yadika.ac.id/index.php/spirit/article/viewFile/40/66

A. Mustopa, J. Jasim, H. Basri, and U. C. Barlian, “Analisis Standar Penilaian Pendidikan,” J. Manaj. Pendidik., vol. 9, no. 1, pp. 24–29, 2021, doi: 10.33751/jmp.v9i1.3364.

M. Umami, “Penilaian Autentik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Kurikulum 2013,” J. Kependidikan, vol. 6, no. 2, pp. 222–232, 2018, doi: 10.24090/jk.v6i2.2259.

L. Meilina, I. N. S. Kumara, and I. N. Setiawan, “Literature Review Klasifikasi Data Menggunakan Metode Cosine Similarity dan Artificial Neural Network,” Maj. Ilm. Teknol. Elektro, vol. 20, no. 2, p. 307, 2021, doi: 10.24843/mite.2021.v20i02.p15.

V. R. Prasetyo, M. Widiasri, and M. M. Angkiriwang, “Sistem Berbasis Web Untuk Koreksi Soal Esai Dengan Association Rules,” Teknika, vol. 11, no. 1, pp. 62–68, 2022, doi: 10.34148/teknika.v11i1.449.

U. D. Mariyani, W. Setiyaningsih, and R. Agustina, “Pengembangan Sistem Koreksi Jawaban Esai Otomatis Menggunakan Naive Bayes Dan Pengujian Menggunakan User Acceptance Test (UAT),” Rainstek J. Terap. Sains dan Teknol., vol. 4, no. 1, pp. 61–73, 2022, doi: 10.21067/jtst.v4i1.6857.

V. C. Mawardi, Z. Rusdi, and B. Mulyawan, “Pengembangan dan Implementasi Program Aplikasi Koreksi Ejaan untuk Membantu Guru Memeriksa Naskah Soal,” Pros. Konf. Nas. Pengabdi. Kpd. Masy. dan Corp. Soc. Responsib., vol. 2, pp. 9–17, 2019, doi: 10.37695/pkmcsr.v2i0.593.

O. Nurdiana, J. Jumadi, and D. Nursantika, “Perbandingan Metode Cosine Similarity Dengan Metode Jaccard Similarity Pada Aplikasi Pencarian Terjemah Al-Qur’an Dalam Bahasa Indonesia,” J. Online Inform., vol. 1, no. 1, p. 59, 2016, doi: 10.15575/join.v1i1.12.

A. Fatoni and D. Dwi, “Rancang Bangun Sistem Extreme Programming Sebagai Metodologi Pengembangan Sistem,” Prosisko, vol. 3, no. 1, pp. 1–4, 2016, [Online]. Available: http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/view/116

N. L. Ucu, S. D. E. Paturusi, and S. R. U. A. Sompie, “Analisa Pemanfaatan E-Learning Untuk Proses Pembelajaran,” J. Tek. Inform., vol. 13, no. 1, 2018, doi: 10.35793/jti.13.1.2018.20196.

D. Rahimi Fitri, “Aplikasi Penilaian Ujian Essay Otomatis Menggunakan Metode Cosine Similarity,” Poros Tek., vol. 7, no. 2, pp. 88–94, 2015, [Online]. Available: http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/porosteknik/article/view/218

M. Mastiah, “Penggunaan Bahasa Indonesia Anak SD yang Berdialek Jawa di Desa Bonto Tallasa dan Pengaruhnya Pada Ranah Afektif,” J. Idiom. J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 3, no. 2, pp. 73–79, 2020, doi: 10.46918/idiomatik.v3i2.776.

K. A. Fuadi, A. Alfiyah, L. S. Usop, and M. Misnawati, “Nilai-Nilai Religius Dalam Novel Buya Hamka,” vol. 1, no. 1, 2023.

R. Ronanti, P. Diman, I. Perdana, and P. Poerwadi, “Representasi Nilai Moral Dalam Film My Nerd Girl Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Drama Di Sma,” vol. 1, no. 1, 2023.

M. D. R. Wahyudi, “Penerapan Algoritma Cosine Similarity pada Text Mining Terjemah Al-Qur’an Berdasarkan Keterkaitan Topik,” Semesta Tek., vol. 22, no. 1, pp. 41–50, 2019, doi: 10.18196/st.221235.

F. A. Nugroho, F. Septian, D. A. Pungkastyo, and J. Riyanto, “Penerapan Algoritma Cosine Similarity untuk Deteksi Kesamaan Konten pada Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat,” J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 5, no. 4, p. 529, 2021, doi: 10.32493/informatika.v5i4.7126.

L. Suryani and K. Edy, “Pengembangan Aplikasi ‘Lost & Found’ Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Term Frequency – Inverse Document Frequency (Tf-Idf) Dan Cosine Similarity,” Electro Luceat, vol. 6, no. 2, pp. 190–204, 2020, doi: 10.32531/jelekn.v6i2.232.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Risky Aswi Ramadhani, Ardi Sanjaya, Yogi Suryo Prayogo

Downloads

Download data is not yet available.