Peningkatan Minat Siswa terhadap Media Ulangan Harian Berbasis Aplikasi Smartphone pada Pembelajaran IPA

Authors

  • Haning Hasbiyati Universitas Islam Jember
  • Diah Sudiarti Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.29407/hayati.v6i1.617

Keywords:

minat, ulangan harian, smartphone, pembelajaran IPA

Abstract

Dibutuhkan sebuah media ulangan harian berbasis aplikasi smartphone sebagi solusi untuk mengoptimalkan sistem ulangan harian manual. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang diperoleh dari hasil angket respon minat siswa. Hasil penerapan media ulangan harian berbasis aplikasi smartphone terhadap pada pembelajaran IPA SMP diperoleh respon minat siswa mengalami peningkatan yaitu pada aspek tampilan sebesar 20% dengan kategori sangat baik, pada aspek kebahasaan meningkat sebesar 15%, dan pada aspek manfaat menigkat sebesar 16 % dengan kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, R., Masykur, K & Syubani. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Pokok Bahasan Gelombang Elektromagnetik untuk Kelas X SMAN 10 Malang. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang Vol.2, No.1 (2012).

Budianto, A. W. 2013. Pengembangan Media Komputer Pembelajaran Materi Tentang Ekosistem Pada Mata Pelajaran Biologi Untuk Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 8 Kota Mojokerto. Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan VOL 1 NO 3.

Hasbiyati, H., 2017. E-Book Berekstensi epub Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Smartphone. Penerbit UIJ Kyai Mojo.

Downloads

Published

2018-09-22

How to Cite

Hasbiyati, H. ., & Sudiarti, . D. . (2018). Peningkatan Minat Siswa terhadap Media Ulangan Harian Berbasis Aplikasi Smartphone pada Pembelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional Hayati, 6(1), 409–414. https://doi.org/10.29407/hayati.v6i1.617